Terbaru

Pelaksanaan Dana Desa Hiligodu Tanose’o TA 2016 Berjalan Baik


Nias – Pelaksanaan Dana Desa Hiligodu Tanose’o Kecamatan Hiliduho Kabupaten Nias Provinsi Sumatera Utara, Tahun Anggaran 2016 berjalan dengan baik dan tanpa kendala. Hal itu karena didukung dan peran serta masyarakat dalam mensukseskan pembangunan di tingkat desa. Demikian disampaikan Kepala Desa Hiligodu Tanose’o Etieli Mendrofa di Onohada Dusun III, Sabtu (17/12/12)

Kepala Desa Hiligodu Tanose’o Etieli Mendrofa menjelaskan bahwa Peraturan Desa Hiligodu Tanose’o tentang APBDES TA 2016 yang disepakati bersama dengan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) menetapkan Pendapatan Desa sebesar Rp 770. 442. 000.

"Rincian belanja desa dari jumlah pendapatan desa adalah untuk belanja penyelenggaraan pemerintah desa sebesar Rp 195.442.000 dan belanja pelaksanaan pembangunan desa Rp 499.441.000, sedangkan belanja pemberdayaan masyarakat desa sebesar Rp 51.505.000 serta belanja pembinaan kemasyarakatan dengan nilai Rp 24.000.000 yang artinya surplus sebesar Rp 39.287," ungkap Tanose’o Etieli di lokasi pelaksanaan kegiatan fisik di Dusun IV menuju Dusun III Desa Hiligodu Tanoseo saat ditinjau Kabid PUEM BPMDK Kabupaten Nias, Toharudin dan beberapa orang tim monitoring.

Etieli Mendrofa lebih lanjut menjelaskan bahwa pelaksanaan pekerjaan kegiatan fisik yakni berupa pengaspalan jalan dari dusun IV Hiligo’o menuju dusun III Onohada sepanjang 582 meter yang disertai bangunan pendukung lainnya yakni; pekerjaan parit beton 5 unit sepanjang 138 meter, TPT 3 unit sepanjang 36 meter dan pekerjaan Dwiker Plat 1 unit berukuran 0,6 x 0,8 x 5,0 yang pelaksanaannya sudah mencapai 80% dan diperkirakan akan selesai sebelum akhir Desember 2016 ini.

Kabid PUEM BPMDK Kabupaten Nias Toharudin saat dimintai tanggapannya mengatakan, bahwa pekerjaan yang kelihatan di lapangan salah satunya pekerjaan pelaksanaan fisik Dana Desa Hiligodu Tanoseo berjalan bagus, baik dari sisi partisipasi masyarakat, keterlibatan BPD, LPM dan masyarakat itu sendiri.  

Hal senada juga disampaikan Tenaga Ahli (TA) Kabupaten Dahrul Arifin Harahap yang memuji pelaksanaan pekerjaan fisik yang terlaksana bagus, baik dari sisi tehnik pekerjaan maupun partisipasi masyarakat.

Menanggapi hasil monitoring oleh tim, Etieli Mendrofa menyampaikan terimakasih kepada seluruh tim yang menaruh perhatian akan pelaksanaan kegiatan Dana Desa Hiligodu Tanose’o sehingga ke depannya dapat di tingkatkan lebih baik lagi.

"Terima kasih kepada pemerintah, yang berkomitmen memajukan pembangunan dari tingkat pemerintah terkecil, sebagaimana pencapaian Cita ke 3 dalam Nawa Cita Presiden Jokowi, yaitu Membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan Desa dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia,"ungkap Etieli Mendrofa.

Monitoring tersebut turut dihadiri Tenaga Ahli Kabupaten Dahrul arifin Harahap, Pendamping Desa Kecamatan Hiliduho Agus Jaya Mendrofa dan Pendamping Lokal Desa Emaruari Waruwu dengan didampingi oleh Perangkat Desa Lainnya dan BPD serta Tim Pelaksana Kegiatan Pekerjaan (TPK) bersama sejumlah mayarakat desa. (MM)

Iklan

Loading...
 border=