Terbaru

Sembilan Kepala Desa di Gunungsitoli Barat Laksanakan Serah Terima Jabatan

Penyerahan SK Kepala Desa oleh Camat |Foto: Budi Gea
Gunungsioli,- Sembilan orang Kepala Desa (Kades) terpilih saat Pilkades Serentak di Kota Gunungsitoli di Kecamatan Gunungsitoli Barat resmi mulai menjabat di desa dalam melaksanakan tugas sebagai Kepala Desa. Hal itu ditandai dengan acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) 9 Pelaksana Jabatan (Pj) Kades kepada kepala Desa Defenitif di Aula Pertemuan Kantor Camat Gunungsitoli Barat, Jumat (09/12/2016).

Sertijab tersebut dilaksanakan oleh Camat Gunungsitoli Barat Eko Ary Yanto Tello Zebua dan dihadiri oleh 9 Kades Lama dan Kades Baru se Kecamatan Gunungsitoli Barat.

Para Pj. Kades menyerahkan segala investaria Desa kepada kepala desa defenitif diantaranya stempel Kades, dokumen dan administrasi Pemerintahan Desa serta menyerahkan wewenang kepala desa kepada penjabat baru.

Penyerahan SK pemberhentian kepada Kades Lama 
Kemudian masing-masing kepala Desa Lama, Kepala Desa Baru, Ketua BPD dan Ketua BPD menandatangani berira acara sertijab diketahui oleh Camat Gunungsitoli Barat.

Sembilan Kades tersebut adalah Desa Tumòri Tonazaro Zebua, Desa Tumòri Balòhili Natalius Jaya Zebua, Desa Lòlòmoyo Tuhemberua Herman Zebua, Desa Orahili Tumòri Elibudi Zebua, Desa Gada Amonita Zaro Zebua, Desa Hilinakhe Aronasokhi Zebua, Desa Onozikhò Armunis Laoli, Desa Sihare'ò Siwahili Yaman Zebua dan Desa Ononalmòlò II Lot Aluiziduhu Zebua.

Acara Sertijab tersebut juga diisi dengan pelantikan sembilan orang Ketua Tim Penggerak PKK tingkat Desa Sekecamatan Gunungsitoli Barat oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Gunungsitoli Barat Ny. Pris Eko Zebua.

Dalam arahnya, Camat Gunungsitoli Barat Eko Ary Yanto Tello Zebua dalam arahannya manyampaikan terimakasih kepada para Pj. Kepala Desa Sekecamatan Gunungsitoli Barat atas pekerjaan memberikan pelayanan kepada masyarakat desa kurang lebih satu tahun lamanya.

"Kami ucapkan selamat mengemban tugas kepada para Kepala Desa Baru selama 6 tahun kedepan untuk merelakan waktu dan tenaga dalam hal membangun desa dan memberikan pelayanan kepada masyarakat,"ucap Eko.

Pelantikan TP PKK
Camat juga berharap agar para Kepala Desa selalu mengacu pada ketentuan yang berlaku sesuai peraturan dan Undang-Undang yang berlaku.

"Kuasai tupoksi sesuai Undang-Undang Desa, berikan kewenangan perangkat desa sesuai jabatan yang dimilikinya,"pesan Eko.

Ia berharap agar kades dan BPD membina kerjasama di desa sehingga pemerintahan desa bisa berjalan semaksimal mungkin.

"Kepala Desa yang baru dan Kades lama tetaplah berkoordinasi tentang administrasi dan pembangunan desa terutama terkait penyerapan anggaran dana desa dan alokasi dana desa,"imbaunya.

Camat juga mengingatkan para Kepala Desa yang defenitif agar selalu memberdayakan masyarakat dan membangun Desa sehingga Visi Misi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Gunungsitoli bisa terlaksana.

Kades Tumòri Tònazaro Zebua pada sambutannya menyampaikan agar sekretaris desa bisa diangkat menjadi PNS golongan terendah supaya bisa maksimal melayani masyarakat desa serta memaksimalkan waktu untuk membantu pekerjaan kepala desa pada administrasi desa.

"Kami aiap mendukung program Pemerintah Kecamatan dan Pemerintah Kota Gunungsitoli dan siap memberikan pelayanan kepada masksimal secara profesional dan aturan yang ada,"katanya.

Ketua BPD desa tumòri balòhili menyampaikan agar kades defenitif merangkul seluruh elemen masyarakat serta lembaga di Desa sehingga pembangunan di Deaa berjalan sebagaimana mestinya.

"Kami BPD siap mendukung pelaksanaan Pemerintahan Desa oleh Kepala Desa yang sesuai dengan koridor serta ketentuan yang ada,"kata Ketua BPD Tumòri Balòhili.

Hadir pada acara itu, Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan Gunungsitoli Barat, Ketua TP. PKK Gunungsitoli Barat, Anggota DPRD dari Gunungsitoli Barat, Kepala UPTD di Kecamatan Gunungsitoli Barat, Ketua BPD dan LPM desa Sekecamatan Gunungsitoli Barat dan masyarakat di Kecamatan Gunungsitoli Barat. (Budi Gea)
 border=  border=

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara