Terbaru

5 Tahun Setelah Tanam, Karet Okulasi Di Nias Ini Sudah Bisa Disadap

Wabub menyadap karet okulasi
Nias,- Lima tahun setelah ditanam, Pemerintah Kabupaten Nias melaksanakan penyadapan perdana karet okulasi yang ditanam pada Tahun 2011 yang lalu milik kelompok tani Duma-Duma Desa Fadoro Lalai Kecamatan Hiliserangkai, Kabupaten Nias, Rabu (19/01/2017).

Wakil Bupati Nias Arosòkhi Waruwu dalam sambutannya saat melaksanakan penyadapan perdana pada karet okulasi itu mengatakan bahwa pemerintah daerah Kabupaten Nias melalui SKPD Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan setiap tahun berupaya melaksanakan beberapa program pembangunan ekonomi masyarakat baik peningkatan produksi tanaman perkebunan msupun program peningkatan pengetahuan dan ketrampilan para petani dan kelompok tani. 

Selain itu, Pemerintah juga memberikan bantuan bibit karet unggul kepada petani atau kelompok tani serta bantuan sebagian sarana produksi yang dibutuhkan. Pihaknya juga melakukan pemberdayaan petani melalui pelatihan penerapan teknologi budidaya tanaman karet.

"Kita semua bangga dan bergembira karena dapat melaksanakan penyadapan perdana tanaman karet okulasi yang telah ditanam dan diusahakan dengan baik oleh kelompok tani Duma-Duma selama 5 tahun. Kelompok Tani ini juga merupakan salah satu kelompok tani penerima manfaat bantuan pengadaan bibit karet pada waktu lima tahun yang lalu. Kami mengharapkan agar pengembangan tanaman karet okulasi ini diteruskan secara berkelanjutan dan kiranya menjadi pendorong bagi kelompok tani lainnya,"kata Arosòkhi.

Wakil Bupati berharap kepada anggota kelompok tani untuk terus berkarya membangun usaha perkebunan rakyat dan mengembangkan usahanya dan selalu berkonsultasi pada dinas pertanian dan ketahanan pangan.

"Kepada penyuluh pertanian lapangan dan kepada para mitra usaha dan kepada para penyuluh pertanian lapangan kami tekankan agar aktif melaksanakan kunjungan pembinaan pada kelompok-kelompok tani dengan sungguh-sungguh dan menjadi konsultan yang handal dalam usaha kelompok tani,"ujarnya. (MM)
 border=  border=

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara