Terbaru

Kabupaten Nias Raih Predikat 'CC' Dalam Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah

Bupati Nias saat menerima penghargaan dari Menpan RB RI
Nias,- Kabupaten Nias Provinsi Sumatera Utara untuk tahun 2016 yang lalu berhasil meraih predikat 'CC' dalam hasil Evaluasi  Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah di 11 Provinsi atau Wilayah Regional I Kabupaten Kota Seluruh Indonesia.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Asman Abnur memberikan langsung piagam penghargaan atas Prestasi atau predikat yang diraih oleh Pemerintah Kabupaten Nias tersebut kepada Bupati Nias Sòkhiatulò Laoli di Hotel Grand Royal Panghegar Braga Bandung, Jawa Barat, Rabu (25/01/2017).

Pada Wilayah atau Regional I yang dievaluasi oleh Kementerian PAN RB mewakili 172 Pemerintah Kabupaten Kota terdapat satu Pemerintah Kota yang mendapatkan predikat A dan tiga Pemerintah Kabupaten Kota dengan predikat BB. Sementara 17 Pemerintah Kabupaten Kota mendapatkan predikat B.

81 Kabupaten Kota mendapat predikat CC, 69 Kabupaten Kota mendapat predikat C, dan satu Kabupaten dengan predikat D.

Menteri Asman Abnur dalam arahannya saat menyerahkan hasil evaluasi tersebut mengapresiasi capaian yang telah didapat oleh Pemerintah Kabupaten Kota dengan predikat baik hingga sangat baik. Namun dirinya juga meminta kepada Pemerintah Kabupaten Kota yang belum mendapatkan hasil maksimal agar mengoptimalkan implementasi sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (SAKIP) untuk terus memperbaiki tata kelola pemerintahannya.

Menteri Asman juga menekankan kepada Kabupaten Kota pentingnya mewujudkan pemerintahan yang berorientasi hasil dengan mengubah mind set bekerja secara terstruktur untuk kepentingan dan kesejahteraan masyarakat.

Selain itu menurut dia keseriusan dan komitmen pimpinan instansi pemerintah juga menjadi perhatian.

"Pak Menteri PAN RB mengharapkan Bupati, Wali Kota, dan Sekretaris Daerah untuk lebih serius lagi untuk memberikan perhatian bagi terwujudnya tata kelola pemerintahan yang baik dan sekaligus berorientasi pada hasil,"terang Kabag Humas Kabupaten Nias melalui Pers Rilis yang diterima Redaksi wartanias.com, Rabu (25/01/2017).

Sementara itu, Bupati Nias Sòkhiatulò Laoli menyampaikan bahwa hasil yang didapatkan oleh Pemerintah Kabupaten Nias dengan predikat CC merupakan suatu komitmen kepemimpinannya dalam mewujudkan pemerintahan yang berorientasi kepada hasil (Result oriented government).

"Bupati Nias menargetkan LAKIP Pemerintah Kabupaten Nias Tahun 2017 dapat meraih Predikat B dengan melakukan langkah-langkah yang kongkrit diantaranya memastikan bahwa perjanjian kinerja menjadi instrument manajemen untuk monitoring dan evaluasi, penilaian kinerja Satuan Kerja dan Individu, pemberian penghargaan atau sebaliknya, serta mendorong pemanfaatan hasi evaluasi untuk kepentingan perbaikan akuntabilitas kinerja secara berkelanjutan,"jelasnya.

Acara penyerahan hasil evaluasi tersebut di hadiri oleh Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Mohammad Yusuf Ateh, Wakil Gubernur Provinsi Jawa Barat  Dedy Mizwar, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil dan Kepala Daerah se- Kabupaten Kota  di Wilayah/Regional I. (MM)
 border=  border=

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara