Terbaru

Jelang Pilgubsu, KPU Nias Utara Himbau Pemilih Pemula Pilih Pemimpin yang Kompeten dan Berintegritas

Komisioner KPU Nias Utara saat menyampaikan
Sosialisasi 
Tuhemberua - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nias Utara menghimbau pemilih pemula untuk memilih pemimpin yang berkompeten dan berintegritas serta menghindari politik uang dalam setiap pemilihan umum. Hal itu disampaiakan Komisioner KPU Nias Utara,Haogolala Gea,saat melaksanakan sosialisasi peningkatan partisipasi pemilih kepada pemilih pemula tingkat SMA/ SMK di SMK Negeri 2 Tuhemberua, Jumat (10/02/2017).

"Ketika kita salah memikih orang. Kedepan kita akan menyesal juga. 
Untuk itu pilihlah pemimpin yang kompeten dan berintegritas,"ucap Haogo.

Haogo juga mengajak siswa agar dalam setiap pemilu untuk menghidari politik uang. Dirinya mengibaratkan pemilu seharusnya seperti Pemilihan osis.

"Sebenarnya di demokrasi tidak ada money politik. Seperti di pemilihan osis tidak ada dibagikan uang. Demikian juga seharusnya pemilihan-pemilihan di negara ini," ujar Haogo.

Pada kesempatan itu, Haogo memaparkan tingkat partisipasi pemilih semenjak pilkada, pileg dan pilgubsu rentang 2011 - 2015, terendah pada pilgubsu tahun 2013 sebesar 43,57 persen dan tertinggi pada pileg 2014 yaitu 75,79 persen.

"Tahun depan kita akan memilih gubernur sumut. Partisipasi pemilih di pemilihan gubernur selalu rendah berbeda dengan pemilihan legislatif.Kadang - Kadang pemilih pemula tidak peduli demokrasi. Harapannya anak-anak kami menjadi penerobos pikiran-pikiran orang tua untuk merubah cara pikir yang lama. dengan memberitahukan kepada orang tua dirumah agar money politik dapat hilang," ujar Haogo.

Dalam menentukan calon pemimpin, Haogo memberikan masukan kriteria yang harus duperhatikan yakni visi dan misi serta program kerja, riwayat hidup, apa yang telah dibuat dan sedang di kerjakan oleh calon pemimpin tersebut. Agar nantinya dapat ditagih ketika sudah terpilih. 

"Kadang - kadang saat ini masyarakat menjual suaranya . padahal sebenarnya bukan itu pilihannya. Dan akhirnya menyesal kemudian hari. Jangan karena saudara meski tidak bagus dipilih. Tapi kalau bagus boleh dipilih. Pemilih cerdas, menghasilkan pemilu yang berkualitas," ungkap Haogo mengakhiri.

Dalam sosialisasi tersebut juga diedarkan angket terkait partisipasi pemilih dalam pemilu. Turut hadir dalam sosialisasi tersebut Sekretaris KPU Nias Utara, Sarozatulo Gea, Kepala SMK Negeri 2 Tuehemberua, Na'ato Gea dan Guru-guru. (Budi Gea)
 border=  border=

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara