Terbaru

Tokoh Pemuda Nias: Pemkab Nias Punya Hak Menggunakan Eks Kantor Disdik

Eks kantor disdik Nias |Foto: Budi Gea
Gunungsitoli,- Mendengar banyaknya warga Kota Gunungsitoli yang mengatasnamakan LSM dan lainnya mengkritisi pengalihfungsian eks kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Nias di Jl Karet Kota Gunungsitoli atau depan Gereja Santa Maria, menurut Onlihu Ndraha selaku tokoh pemuda Kabupaten Nias mereka itu hanya ingin membuat sensasi yang tidak berarti.

"Itu mereka yang lagi mengkritisi pemakaian eks kantor Disdik oleh STIE Pembnas hanya buat sensasi yang tak berarti saja" kata Onlihu saat Wartanias meminta tanggapannya di kompleks gedung KNPI Gunungsitoli.

Menurut mahasiswa STIE Semester VIII itu, pihak manajemen kampus menggunakan gedung dimaksud atas rekomendasi yayasan. Tentu itu pasti seizin pemerintah daerah. Terkait penyerahan aset, tidak segampang membalikkan telapak tangan.

"Riak ini seperti dulu lagi ketika hendak merebut Lapangan Merdeka dan Pendopo Bupati Nias. Jadi jangan bermimpi mereka". Pemerintah Kabupaten Nias punya hak mengelola aset yang masih ada di lingkup Kota Gunungsitoli, untuk mengatasi kisruh yang tengah terjadi di tubuh STIE.

"Saya mendukung jika eks kantor itu dijadikan kampus STIE sementara,"katanya.

Sementara Ketua STIE Pembnas Nias Fatolosa Hulu ketika dimintai tanggapanya tidak bisa dihubungi. Wartanias.com beberapa kali mencoba menghubungi Fatolosa melalui telepon selulernya namun tidak dijawab meski terdengar nada sambungnya.

Untuk diketahui, sejak pengelola STIE Pembnas Nias membersihkan gedung Eks Dinas Pendidikan Kabupaten Nias untuk dijadikan kampus, Puluhan Satpol PP Kota Gunungsitoli berjaga di Pos Satpam yang ada di halaman kantor tersebut.

"Kami diperintahkan pimpinan untuk menjaga gedung ini supaya tidak dijadikan sebagai kampus,"kata salah seorang anggota Satpol PP Gunungsitoli. 

Sementara pihak Yayasan Perguruan Tinggi (Yaperti) Nias tidak bisa memberikan keterangan kepada wartanias.com.

"Saya tidak ada wewenang mengomentari itu pak. Saya hanya staf disini,"kata Imanuel Hura salah seorang pegawai di Kantor Yaperti Nias, Jumat (17/02/2017).

Sekretaris Yaperti Nias juga mengaku tidak bisa menanggapi hal tersebut. Ia menyarankan media mengkonfrmasi langsung kepada ketua Yayasan.

"Silahkan hubungi ketua yayasan saja pak. Saya tidak bersedia,"kata Foaro Hulu sekretaris Yaperti Nias.

Ketua Umum Yaperti Nias Firman Yanus Larosa yang juga sebagai Sekretaris Daerah Kebupaten Nias tidak bisa dikonfirmasi. Nomor telepon pribadinya tidak diangkat meski terdengar nada sambung. (Budi Gea)
 border=  border=

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara