Terbaru

Bupati Nias Harapkan SKPD Bidang Kesehatan Deteksi Dini Masalah Kesehatan Masyarakat

Nias - Bupati Kabupaten Nias, Sokhiatulo Laoli mengharapkan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Bidang Kesehatan untuk mendeteksi dini masalah-masalah kesehatan masyarakat. Hal itu disampaikan saat membuka Pelaksanaan Forum SKPD Bidang Kesehatan Kabupaten Nias Tahun 2017 Bertempat di Ruang Rapat Lantai 2 RSUD  Gunungsitoli, Rabu (15/03/2017).

"Pembangunan kesehatan pada dasarnya bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya sebagai investasi bagi pembangunan Sumber Daya Manusia yang produktif secara sosial dan ekonomi,"ucap Bupati.

Pada kesempatan itu dirinya juga menginformasikan, bahwa Pembangunan di bidang kesehatan telah dilaksanakan oleh Pemerintah daerah dan telah menunjukan perkembangan antara lain, RSUD Gunungsitoli telah terakreditasi dengan pengelolaan keuangan BLUD serta peningkatan pelayanan VIP dan Haemodialisa(Cuci Darah). Demikian juga ada 12 Puskesmas yang rata-rata setiap kecamatan ada 1 unit Puskesmas bahkan ada yang 2 puskesmas dalam 1 kecamatan. Puskesmas pembantu sebanyak 28 unit dan 53 unit Poskesdes/Posyandu Plus serta 9 unit ambulance dan 15 Unit Puskesmas Keliling double gardan yang diharapkan mampu memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat di Kabupaten Nias.

"Namun demikian kita masih menghadapi keterbatasan tenaga kesehatan baik dokter, dokter gigi, apoteker, tenaga kesehatan masyarakat, ahli gizi, ahli kesehatan lingkungan, dan tenaga kesehatan lainnya terutama yang bekerja di puskesmas, puskesmas pembantu se-Kabupaten Nias,"ujarnya.

Melalu forum tersebut, Bupati berharapkan SKPD terkait serta seluruh stakeholders yang hadir pada saat ini, dapat merumuskan rencana program/kegiatan dengan berpedoman pada RPJMD dan RPJPD Kabupaten Nias serta menyesuaikan dengan agenda pembangunan kesehatan baik tingkat nasional maupun di tingkat provinsi.

Adapun harapan yang disampaikan Bupati Nias yakni, Forum SKPD Bidang Kesehatan Kabupaten Nias Tahun 2017 ini diharapkan dapat menghasilkan rumusan program/kegiatan yang mampu mendorong peningkatan derajat kesehatan di Kabupaten Nias, memberikan masukan dalam penyempurnaan Rencana Kerja SKPD Bidang Kesehatan Kabupaten Nias,  semua pihak yang terkait mendukung pelaksanaan program Jaminan Kesehatan Nasional dan Jamkesda, fungsionalisasi sarana kesehatan dan keaktifan bidan desa di Kabupaten Nias.

"Kepada seluruh SKPD bidang kesehatan dan jajarannya diharapkan untuk memperkuat deteksi dini terhadap masalah-masalah kesehatan di masyarakat serta memastikan pelayanan kepada masyarakat terlaksana dengan baik,"ucapnya.

Pelaksanaan Forum SKPD Bidang Kesehatan Kabupaten Nias Tahun 2017 dihadiri oleh Wakil Bupati Nias, Ketua, Wakil Ketua dan Anggota DPRD Kab. Nias,Staf Ahli Bupati Nias,Asisten Sekda, Pimpinan SKPD/Instansi terkait, Ketua TP-PKK Kab. Nias,Camat Se-Kabupaten Nias,Kepala Bagian Lingkup Setda, Pejabat Struktural Eselon III dan IV dari SKPD/Instansi terkait, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Gunungsitoli, Pimpinan Organisasi Profesi Kesehatan di Kab. Nias, Pimpinan LSM/Organisasi Masyarakat, Delegasi Kecamatan se-Kab. Nias, Kepala UPT Dinas Kesehatan Kab. Nias,Kepala Puskesmas Pembantu se Kab. Nias,Koordinator PLKB Kecamatan se Kab. Nias, Perwakilan Bidan Desa se Kab. Nias. (MM)
 border=  border=

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara