Berita Terbaru
Loading...
Sabtu, 27 Mei 2017

Administrator Di Nias Utara Dilatih Mengunakan Aplikasi Siskeudes

Bupati beserta narasumber
|Foto : Humas Pemkab Nias Utara

Nias Utara - Administrator tingkat Kabupaten, Kecamatan dan Desa diberikan Pelatihan penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Keuangan Desa (SISKEUDES) Pemerintah Kabupaten Nias Utara bertempat di Aula Pertemuan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) yang dilaksanakan selama 2 (dua) hari dari tanggal 22-23 Mei 2017.

Bupati Nias Utara M. Ingati Nazara saat membuka Pelatihan yang diselenggarakan Dinas PMD Kabupaten Nias Utara mengatakan bahwa pengelolaan keuangan desa dalam implementasinya menjadi tanggung jawab yang sangat besar bagi perangkat desa, untuk itu harus diimbangi dengan tersedianya sumber daya manusia yang handal dan kreatif.

"Maka diharapkan dengan pelatihan Siskeudes yang disajikan oleh BPKP Provinsi Sumatera Utara dapat membuat tata kelola keuangan desa lebih transparan dan akuntabel sehingga memudahkan bagi aparat pengawas internal melakukan pmantauan, pengawasan dan evaluasi,"ucap Ingati, Senin (22/5/2017)

Selanjutnya, M. Ingati Nazara menyampaikan bahwa melalui Dinas PMD nantinya Pemerintah Kabupaten Nias Utara akan memberikan pelatihan dan pendampingan bagi seluruh aparat desa se-Kabupaten Nias Utara tekait tentang pengalokasian dan penggunaan Dana Desa (DD) dimana pelatihan ini bertujuan untuk meminimalisir masalah-masalah yang timbul akibat pengalokasian Dana Desa yang tidak tepat sasaran serta memantapkan kemampuan seluruh aparat desa dalam melakukan pengelolaan keuangan desa, sehingga dengan pelatihan dan pendampingan tersebut hal-hal yang tidak diinginkan oleh masyarakat tidak terjadi lagi pada masa yang akan datang.

"Kepada seluruh peserta yang mengikuti pelatihan ini, pahamilah dengan serius dan disiplin, sehingga kualitas dan wawasan fasilitasi pengelolaan keuangan desa di Kabupaten Nias Utara akan semakin membaik,"harap Ingati Nazara.

Peserta pelatihan diikuti oleh Administrator tingkat Kabupaten, Kecamatan dan Desa yang berjumlah sebanyak 30 orang dengan Nara Sumber dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Sumatera Utara. Nara sumber yang pertama Tubagus Syah Putra, menyajikan materi tentang Gambaran Umum Perencanaan dan Penganggaran Keuangan Desa, dan Nara Sumber yang kedua Hendra Aditya Pratama menyajikan materi tentang Pelaksanaan, Pelaporan dan Pertanggungjawaban Pengelolaan Keuangan Desa.

Turut hadir pada acara pembukaan tersebut, Asisten I Sekda Kabupaten Nias Utara, Inspektur Kabupaten Nias Utara, Sekretaris Dinas PMD, Camat se-Kabupaten Nias Utara.(Haog├┤ zega)
Back To Top