Berita Terbaru
Loading...
Sabtu, 06 Mei 2017

Di Nias Utara Keluarga Miskin dan Penerima PKH Akan Diverifikasi

Perkantoran Dinas Sosial | Foto : Haogo Zega

Nias Utara - Penerima manfaat Program Keluarga Harapan (PKH) dan keluarga miskin lainnya akan kembali di data Dinas Sosial Kabupaten Nias Utara untuk dilakukan verifikasi dan validasi. Agar program Dinas Sosial dapat diterima oleh keluarga miskin yang benar-benar membutuhkan.

Pendataan tersebut dilakukan karena pada tahun-tahun sebelumnya banyak pendataan keluarga miskin yang tidak tepat sasaran, terutama pada pendataan Program Keluarga Harapan (PKH) diwilayah Kabupaten Nias Utara. Hal itu disampaikan Plt.Kepala Dinas Sosial Kabupaten Nias Utara, Fonaha Zega, Selasa (02/05/2017)

"Setelah kita lakukan penanganan secara cepat terutama mengenai data-data keluarga miskin ini, berdasarkan hasil Verifikasi dan falidasi data ternyata ada yang tidak tepat, yang seharusnya bukan keluarga miskin tapi sudah tergolong dalam keluarga miskin. Jadi untuk Anggaran 2017 ini nanti, kita coba melakukan pendataan yang benar sehingga penerima PKH ini tidak salah sasaran,"jelas Fonaha.

Lebih lanjut, Fonaha Zega menjelaskan perubahan ini mungkin karena ada nama penerima yang ganda, sudah meninggal dunia, atau sudah pindah merantau.

"Tahun yang lalu ada sekitar 6000 Kepala Keluarga (KK) penerima PKH ini, kemudian pada Tahun ini ada penambahan kuota 4000 KK, sehingga jumlah keseluruhan lebih kurang 10.000 KK. Jadi Koordinator PKH Kabupaten juga sampai sekarang belum menyampaikan laporan secara resmi kepada kita berapa jumlah yang betul-betul terealisasi,"jelas Fonaha.

Diakhir keterangannya, Fonaha Zega berharap dengan dilaksanakan Verifikasi dan falidasi data penerima PKH ini, mudah-mudahan keluarga miskin di Kabupaten Nias Utara dapat tertampung secara keseluhan sebagai penerima PKH. (Haog├┤ zega)
Back To Top