Terbaru

Puluhan Warga Blokir Akses Jalan Menuju Tempat Wisata Pantai Hoya

Akai blokir jalan di pantai Hoya |Foto: Bu
Gunungsitoli,- Puluhan warga Desa Teluk Belukar, Kecamatan Gunungsioli Utara, Kota Gunungsitoli melakukan aksi blokir akses jalan menuju pantai hoya sejak Sabtu (27/05/2017).

Warga memblokir akses jalan menuju tempat wisata Pantai Hoya itu sebab ratusan meter pinggir pantai mengalami pengikisan (Abrasi) karena gelombang laut yang mengakibatkan kerusakan parah.

"Kami melakukan aksi ini untuk menuntut pemerintah agar bertanggungjawab atas bencana abrasi di tepi pantai milik kami bang. Kami mengalami kerugian yang sangat besar atas hal itu,"ucap Iwan Januari Mendrofa salah seorang perwakilan warga, Senin (29/05/2017).

Iwan menjelaskan, Abrasi pantai itu disebabkan karena gelombang laut yang tinggi sehingga sejumlah bangunan milik mereka hancur diterjang ombak.

"Gelombang laut jadi tinggi disekitar lokasi usaha kami karena bangunan Pemecah ombak yang dibangun pemerintah di pantai itu,"jelasnya.

Arus laut yang datang dari arah selatan tertahan disepanjang bangunan pemecah ombak tersebut sehingga mengakibatkan abrasi.

"Kami tidak mengizinkan kendaraan lewat di jalan ini sepanjang tuntutan kami tidak dipenuhi oleh pemerintah,"tuturnya.

Warga memblokir jalan tersebut dengan memalangkan satu tiang besi dibahu jalan. Mereka juga menuliskan peringatan bahwa dilarang masuk berekreasi di tempat wisata itu pada selembar seng bekas.

Warga meminta pemerintah untuk membongkar bangunan pemecah ombak yang memiliki panajang ratusan meter itu. Mereka juga meminta agar ada pihak yang bisa mengganti kerugian yang dialami mereka atas kejadian itu. (Budi Gea)
 border=  border=

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara