Terbaru

TPA Sampah Akan Dibangun Di Botombawo


Kantor Dinas Lingkungan Hidup | Foto : Haogo Zega
Nias Utara,-Pemerintah Kabupaten Nias UBotombawo membangun Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Sampah yang berlokasi di Desa Botombawô Kecamatan SitoluOri Kabupaten Nias Utara.

Plt.Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Nias Utara, Bualasokhi Hulu kepada wartanias.com mengatakan bahwa sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Nias Utara telah direncakan anggaran untuk Pembangunan TPA pada tahun 2018 mendatang. Hal tersebut disampaikannya saat ditemui diruang kerjanya Kantor Dinas Lingkungan Hidup di Lotu, Senin (08/05/2017).

"Kemarin kita sudah melaksanakan pertemuan di Kantor Camat SitoluOri brrsama para Tokoh Masyarakat dan Penghibah Tanah untuk menyepakati bersama tentang pertapakan Pembangunan TPA ini, memang sebelumnya di Desa Botombawô Kecamatan SitoluOri sudah ada lahan yang telah di serahkan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Nias Utara tapi hanya hanya dalam bentuk atau berbatas waktu. Sehingga melalui pertemuan itu masyarakat pemilik tanah bersedia menghibahkan langsung tanahnya kepada Pemerintah Daerah bukan lagi dalam bentuk pinjmembangu,"tutur Bualasokhi.

Dari keterangan Bualasokhi Hulu bahwa masyarakat penghibah tanah untuk pembangunan TPA ini di Desa Botombawô Kecamatan SitoluOri bersedia menghibahkan tanahnya seluas lebih kurang 5 Hektar dan TPA tersebut telah Rencanakan Dana Pembangunannya sesuai di RPJMD Kabupaten Nias Utara sebesar Rp.10Milyar dan Hal ini menunggu pembahasan Lembaga DPRD Bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Nias Utara.

"Pembangunan TPA ini akan kita laksanakan pada tahun 2018 mendatang, untuk tahun ini kita mempersiapkan lahan serta merencanakan berbagai fasilitas-fasilitas yang harus disediakan seperti membangun Tempat Penampungan Sementara (TPS), Mesin Pengolah Sampah, Damtruk pengangkut sampah, Pekerja, dan Kebutuhan lainnya,"terang Bualasokhi.

Bualasokhi Hulu berharap dengan dibangunnya TPA ini nanti di Desa Botombawô Kecamatan SitoluOri, selain kebersihan lingkungan tentu akan tertampung juga tenaga-tenaga kerja di Kabupaten Nias Utara. (Haogô zega)
 border=  border=

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara