Terbaru

Kemarin Malam, Nias Selatan Diguncang Gempa


Gunungsitoli - Gempa bumi tektonik mengguncang wilayah Nias Selatan, tepatnya 35 km arah Tenggara Nias Selatan berkekuatan 5,0 Skala Richter dengan episenter terletak pada koordinat 0.55 LU dan 98.11 BT,kedalaman 10 km ,pukul 22:34:08 Wib, Sabtu (24/6/2017) malam.

Kepala Stasiun Geofisika  Gunungsitoli, Djati Cipto Kuncoro menjelaskan gempabumi juga dirasakan oleh beberapa warga  daerah Gido Kabupaten Nias dalam skala intensitas  I SIG BMKG.

"Di daerah ini guncangan gempabumi dirasakan oleh beberapa orang dan berlarian keluar rumah tetapi tdak menimbulkan kerusakan,"jelasnya.

Masih dijelaskannya, bahwa belum ada aktivitas gempabumi susulan. Namun masyarakat dihimbau agar tetap tenang, dan terus mengikuti arahan BPBD dan BMKG. 

"Khusus masyarakat di daerah Nias dihimbau agar tidak terpancing isu karena gempabumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami,"ujarnya

Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempabumi ini merupakan gempabumi dangkal akibat aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia. Dalam hal ini lempeng Indo-Australia yang menyusup ke bawah lempeng Eurasia. (Budi Gea)
 border=  border=

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara