Berita Terbaru
Loading...
Senin, 19 Juni 2017 Dibaca kali

Ratusan Juta Rupiah DAK Akan Digunakan Untuk Pengadaan Kapal Nelayan di Nias Utara

Kapal nelayan yang rusak di jias utara |Foto:Haogò Zega
Nias Utara,- Pada Bidang Perikanan Tangkap di Dinas Perikanan Kabupaten Nias utara telah dialokasikan anggaran dari Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk Pembangunan Jeti, Pengadaan Kapal dan Perahu.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Nias Utara, Drs.Taruli Zega,MM kepada Wartanias.com mengatakan pada Tahun 2017 ini, sesuai dengan yang tertuang didalam Daftar Penggunaan Anggaran (DPA) telah dialokasikan pengadaan 2 Unit Kapal 3 sampai 10 Goroston dengan Pagu Dana sebesar Rp.703.403.000, Senin (12/06/2017).

"Selain pengadaan Kapal 3-10 goroston tersebut, masih diBidang Perikanan Tangkap kita akan mengadakan Motorisasi Perahu 0,5 goroston dengan Pagu Dana 100 Juta Rupiah, dan ini sesuai hasil perencanaan Konsultan bisa mencapai 7 hingga 8 Unit Perahu,"tutur Taruli.

Ditambahkannya, Anggaran pengadaan Kapal dan Motorisasi Perahu ini nanti bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK).

Selanjutnya Taruli Zega juga mengungkapkan di Bidang Perikanan Tangkap untuk tahun ini akan membangun Jeti di Desa Alo'oa Kecamatan Tuhemberua Kabupaten Nias Utara dengan Pagu Dana sebesar Rp.596.000.000.

"Pengadaan Kapal dan pembangunan Jeti, karena Anggarannya diatas 200 juta maka kita laksanakan pelelangan. Sekarang masih tahap persiapan untuk kita daftarkan di Layanan Pelelangan Secara Elektronik (LPSE),"katanya.

Ia menjelaskan bahwa pihaknya akan melakukan survei di masing-masing kelompok Nelayan yang benar-benar membutuhkan dan memenuhi syarat seperti para Nelayan yang telah membentuk Kelompok Usaha Bersama (KUB), ada Koperasi dan Kelompok yang punya dasar hukum.

"Tujuan dari pengadaan sarana kapal dan perahu ini, untuk meningkatkan hasil produksi tangkap bagi Nelayan kita di Nias Utara sehingga tingkat kesejahteraan semakin meningkat,"tambahnya. (Haogô zega)
Back To Top