Berita Terbaru
Loading...
Sabtu, 03 Juni 2017

Sejumlah Kelompok Tani Di Kabupaten Nias Diberikan Alat Dan Mesin Pertanian

Bupati Nias saat menaiki alat pertanian
| Foto : MM

Nias – Pemerintah Kabupaten Nias memberikan alat dan mesin pertanian (Alsintan) sebanyak 176 unit kepada sejumlah Kelompok Tani. Bupati Nias, Sokhiatulo Laoli secara simbolis membagikan alsintan tersebut di Halaman Kantor Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Hiliweto, Kecamatan Gido, Rabu (31/05/2017).

"Upaya Pemerintah Kabupaten Nias dalam memfasilitasi para petani untuk memiliki alat dan mesin pertanian dengan harapan dapat berpengaruh pada pengolahan lahan, serta proses panen sehingga, produksi dan produktifitas hasil pertanian dapat meningkat," ucap Bupati saat menyampaikan arahan.

Selain itu, Bupati Nias lebih lanjut berharap kepada kelompok tani penerima manfaat agar dalam memanfaatkan bantuan yang diberikan, benar-benar dimaksimalkan dengan penuh semangat, sementara mesin yang dibagikan, agar dipelihara sebaik mungkin dan jangan dipindah tangankan, sehingga terhindar dari konflik internal dalam kelompok tani itu sendiri.

Selanjutnya Bupati Nias kepada pihak terkait, baik Camat dan Kepala Desa untuk selalu memberi dukungan dan motivasi kepada kelompok tani dalam mengembangkan usahanya, serta mendorong pembentukan kelompok tani bagi masyarakat yang masih belum bergabung dalam wadah kelompok tersebut. 

"Secara khusus kepada Instansi teknis dalam hal ini, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan agar menggerakkan seluruh sumber daya yang dimiliki termasuk penyuluh pertanian, yang diharapkan dapat berperan aktif dalam memberikan pendampingan secara intensif kepada para petani itu sendiri,"sarannya.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Nias, Fonaso Laoli, dalam laporannya menyampaikan, bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mendukung para petani di Kabupaten Nias dalam hal memiliki alat dan mesin pertanian, guna mendorong percepatan peningkatan produksi dan produktifitas hasil pertanian baik pangan, hortikultura maupun perkebunan.

Adapun bantuan Alat dan Mesin Pertanian perkecamatan se-Kabupaten Nias yaitu, kelompok pertanian di Kecamatan Gido mendapatkan 2 unit Traktor roda dua, 2 unit pompa air, 52 unit Hand Sprayer, 1 unit Pemipil Jagung dan 1 unit Penepung jagung. Kelompok pertanian di Kecamatan Idanogawo mendapatkan 2 unit Traktor roda dua, 2 unit Pompa Air, 1 unit Rice Transplanter, 64 unit Hand Sprayer, 2 unit Pemipil Jagung dan 2 unit Penepung jagung.

Kelompok pertanian di Kecamatan Sogaeadu mendapatkan 2 unit Traktor roda dua, 1 unit pompa air, 30 unit Hand Sprayer dan Kelompok pertanian di Kecamatan Bawolato mendapatkan 1 unit Traktor roda dua, 2 unit Pompa Air, 2 unit Pemipil Jagung dan 2 unit Penepung jagung dan kelompok tani Kecamatan Ulugawo, mendapatkan 1 unit Pompa Air.

Sementara Kelompok pertanian di Kecamatan Botomuzoi mendapatkan 1 unit Traktor roda dua dan 1 unit Traktor roda empat, dan terakhir Kelompok pertanian di Kecamatan Hiliduho, mendapatkan 2 unit Traktor roda dua, dengan jumlah 176 unit Alsintan yang telah dibagikan bagi seluruh kelompok tani penerima manfaat.

Mewakili seluruh kelompok tani, Ketua kelompok tani Tunas Harapan, Yulius Bate’e mengucapkan terimakasih kepada pemerintah Kabupaen Nias, yang memberi perhatian kepada petani karena dengan demikian, produksi dan produktifitas pertanian di wilayah Kabupaten Nias dapat terus meningkat.

Hadir pada kegiatan tersebut Kabag Humas dan Keprotokolan Setda kab.Nias, Camat Lokasi Penerima Bantuan, unsur Muspika, Koordinator dan anggota Jabatan Fungsional Umum Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Pimpinan Balai Penyuluhan Pertanian dan Ketahanan Pangan (BP2KP), Penyuluh Pertanian Pegawai Negeri Sipil dan Tenaga Harian Lepas Tenaga Bantu (THL-TB) se-Kabupaten Nias, Kepala Desa Lokasi Penerima Bantuan, dan Pengurus dan anggota Kelompok Tani penerima manfaat serta para undangan lainnya. (MM)
Back To Top