Terbaru

Terminal Faekhu Kota Gunungsitoli Akhirnya Difungsikan

Angkot terlihat ngetem di terminal Faekhu |Foto: Budi Gea
Gunungsitoli,- Pemerintah Kota Gunungsitoli melalui Dinas Perhubungan akhirnya memfungsikan Terminal Penumpang Faekhu di Desa Faekhu Kecamatan Gunungsitoli Selatan Kota Gunungsitoli, Senin (12/06/2017).

Untuk itu seluruh Angkutan Kota (Angkot) dan Bus penumpang serta mobil penumpang yang masuk dan keluar Kota Gunungsitoli wajib masuk ke terminal Faekhu tersebut.

"Terminal Faekhu ini telah kita aktifkan mulai kemarin (Senin_red), seluruh angkot harus masuk ke terminal ini,"kata Kadis Perhubungan Kota Gunungsitoli Ignasius Harefa di terminal Faekhu, Selasa (13/06/2017).

Dijelaskannya bahwa pihaknya telah melarang seluruh angkot yang ngetem di sepanjang bahu jalan di kawasan pasar Kota Gunungsitoli. Hal itu dilakukan agar kawasan Pasar Kota Gunungsitoli terhindar dari kemacetan.

"Seluruh tempat ngetem angkot di sekitar pasar Kota Gunungsitoli misalnya di Pasar Luaha, depan Terminal lama dan tempat ngetem lainnya sudah kita larang dan menghimbau mereka untuk menunggu penumpang di terminal ini,"ujarnya.

Aturan yang mengatur pengfungsian terminal tersebut menurut dia adalah Peraturan Daerah (Perda) Kota Gunungsitoli Nomor 02 tahun 2017 tentang penyelenggaraan perhubungan.

"Untuk teknisnya, telah ada Peraturan Wali Kota Gunungsitoli tentang penyelenggaran terminal angkutan jalan,"ucapnya.

Pihaknya telah melakukan kerjasama dengan Satuan Lalu Lintas Polres Nias, Denpom AD dan  Shabandar untuk melancarakan operasional pengfungsian terminal itu.

"Dengan berfungsinya terminal ini, perekonomian masyarakat sekitar terminal ini akan meningkat. Seluruh kios-kios yang ada di kawasan ini dalam waktu dekat akan kita fungsikan,"jelasnya.

Ia berharap kepada para pengusaha Angkutan Umum agar mematuhi aturan yang telah disahkan melalui Perda Kota Gunungsitoli sehingga visi misi Wali Kota dan Wakil Wali Koa Gunungsitoli dapat terwujud.

Pantauan wartanias.com, puluhan Angkutan Umum mematuhi Peraturan tersebut. Angkutan umum yang berasal dari arah Kabupaten Nias Barat, Kabupaten Nias dan Kabupaten Nias Selatan antri untuk memasuki terminal tersebut. 

Begitu juga sebaliknya, puluhan Angkutan Kota nampak berbaris di terminal itu menunggu penumpang yang hendak ke wilayah Kota Gunungsitoli. (Budi Gea)
 border=  border=

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara