Berita Terbaru
Loading...
Selasa, 20 Juni 2017

Wakil Wali Kota Gunungsitoli Buka Secara Resmi Pelatihan Budaya Nias Di Museum

Sowa'a Laoli menabuh alat musik tradisional Nias di Museum
Gunungsitoli,- Wakil Wali Kota Gunungsitoli Sowa'a Laoli membuka secara resmi kegiatan pelatihan peningkatan budaya nias bagi mahasiswa-mahasiswi di Kota Gunungsitoli yang dilaksanakan oleh Yayasan Museum Pusaka Nias di Omo Bale Museum Pusaka Nias, jalan yos sudarso Gunungsitoli, Selasa (20/06/2017).

Pelatihan budaya Nias itu diselenggarakan oleh Yayasan Musem Pusaka Nias dengan berbagai kegiatan menjelaskan Asal Usul Masyarakat Nias, Mengenai Museum Pusaka Nias, pelatihan Musik dan Tarian Tradisional Nias serta pengenalan jenis Fauna dan Flora.

Dalam sambutannya, Sowa'a Laoli mengatakan bahwa pelatihan tersebut sangat bermanfaat serta bisa memiliki peran strategis dalam upaya peningkatan pemahaman, pelestarian dan penerapan nilai-nilai budaya nias diberbagai aspek pembangunan dan sendi-sendi kehidupan masyarakat.

"Budaya sangat erat kaitannya dengan nilai kearifan lokal yang terbentuk sebagai keunggulan budaya masyarakat. Adapun budaya masyarakat nias itu adalah kegotongroyongan, saling menghormati, nilai religi yang wajib dilestarika dan wajib diimplementasikan dalam sistem sosial kemasyarakatan, pendidikan, toleransi agama serta cara berekspresi melalui atraksi seni budaya,"kata Sowa'a.

Ia menjelaskan bahwa pemerintah kota gunungsitoli sangat menaruh perhatian terhadap pengembagan nilai budaya dalam proses dan dimensi pembangunan yang tercemin dalam berbagai program pengembangan nilai budaya.

"Pemko juga terus mendorong kegiatan promosi kepariwisataan antara lain melalui program peningkatan daya tarik wisata budaya pesta yaahowu yang pada tahun ini Kota Gunungsitoli akan menjadi tuan rumah pelaksanaan pesta yaahowu itu,"jelasnya.

Kegiatan pelatihan Budaya Nias itu akan dihadiri oleh sejumlah elemen masyarakat. Untuk pembukaan, Para Mahasiswa dari IKIP Gunungsitoli dan STIE Pembnas Nias menjadi peserta. (Fery Harefa)
Back To Top