Terbaru

Dana PKH Masih Belum Disalurkan Kepada Masyarakat, Ini Penyebabnya


Kartu PKH |Foto: Istimewa
Nias Utara,- Sejumlah warga penerima manfaat Program Keluarga Harapan (PKH) di Kabupaten Nias Utara mengeluh sebab dana PKH selama enam bulan pada tahun 2017 ini masih belum disalurkan.

Seperti diutarakan Yulianus Zega penerima manfaat PKH warga desa umbubalodano kecamatan Sitoluori Kabupaten Nias Utara menuturkan  bahwa hingga saat ini mereka masih belum menerima penyaluran dana tersebut tanpa mengetahui apa penyebabnya.

"Kami tidak tahu kenapa masih saja belum disalurkan dana PKH dimaksud,"kataYulianus.

Sementara itu, Koordinator Pendamping PKH Kabupaten Nias Utara Noferman Jaya Gea kepada wartanias.com mengatakan bahwa keterlambatan penyaluran Program Keluarga Harapan (PKH) di Kabupaten Nias Utara dikarenakan telah adanya peralihan penyaluran, yang sebelumnya dibayarkan langsung tunai melalui POS dan kini akan disalurkan secara Nontunai.

Hal itu menurut dia sesuai dengan SK Dirjen Kemensos bahwa Penyaluran PKH untuk tahap pertama dan kedua pada tahun 2017 ini dibayar secara non tunai melalui Bank BRI.

"Selama ini penyaluran PKH dibayarkan lansung tunai oleh pihak POS kepada masing-masing penerima PKH, setelah adanya SK Dirjen maka akan disalurkan melalui rekening atau secara non tunai,"ucap Noferman baru-baru ini.

Dijelaskannya, sistim penyaluran PKH ini nanti akan dibuka rekening masing-masing penerima PKH setelah itu dicetak Kartu Kesejahteraan Sosial (KKS) Multifungsi yang sama dengan ATM.

"Pembayaran non tunai tetap diberlakukan, jadi kami sudah koordinasikan kepada pihak BRI namun mereka juga masih belum menerima petunjuk resmi,"ujarnya.

Noferman Jaya Gea menambahkan bahwa proses penyaluran PKH tahun ini memang sangat terlambat dan pihaknya mengaku mengupayakan proses pencairan dilakukan pada bulan Juli tahun 2017 ini. (Haogo Zega)
 border=  border=

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara