Berita Terbaru
Loading...
Jumat, 14 Juli 2017

Hindari Virus Rabies, Disnak Gunungsitoli Terus Gelar Vaksinasi Rabies Gratis

Kepala Disnak Kota Gunungsitoli Oimolala Telaumbanua |Foto: Budi
Gunungsitoli,- Dinas Peternakan (Disnak) Kota Gunungsitoli terus memberikan vaksin rabies kepada hewan anjing, kucing dan monyet di wilayah Kota Gunungsitoli. Hingga Juli tahun 2017 ini, ratusan penular rabies telah divaksin.

"Kami terus melaksanakan Vaksinasi terhadap seluruh hewan penular rabies di kota gunungsitoli,"kata Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Gunungsitoli, Oimolala Telaumbanua, Jumat (14/07/2017).

Hingga saat ini diperkirakan ada 400 ekor anjing telah divaksin pada pertengahan tahun 2017 ini.

Selain anjing, Disnak Kota Gunungsitoli juga memberikan vaksin rabies kepada hewan kucing dan monyet.

Hal itu dilakukan karena kedua jenis hewan itu juga termasuk dalam hewan penular rabies (HPR).

Dari data di Disnak Kota Gunungsitoli sepanjang tahun 2017 400 ekor anjing, 30 ekor kucing dan 3 ekor monyet dari 30 Desa dari januari sampai juli ini telah divaksin.

"Vaksin HPR bukan hanya kepada anjing saja. Sebab, rabies bisa juga ditularkan oleh hewan berdarah panas lainnya, seperti kucing dan monyet,"jelas Oimolala.

Hanya saja, saat ini vaksinasi memang lebih difokuskan pada anjing karena hingga saat ini positif rabies baru ditemukan pada anjing sejak tahun  2010 silam.

Oimolala mengimbau, jika masih ada pemilik anjing serta HPR yang tidak sempat memvaksin hewan peliharaannya, bisa melakukan vaksin sendiri ke Dinas Peternakan Kota Gunungsitoli tanpa dipungut biaya apapun.

‘’Kami juga menggelar vaksinasi gratis rutin setiap Minggu di Lapangan oleh vaksinator kami,"katanya.

Stok vaksin yang ada di dinas peternakan pada tahun 2017 ini menurut dia masih cukup sampai dengan akhir bulan ini. (Budi Gea)
Back To Top