Terbaru

Harga Garam Beryodium di Gunungsitoli Naik Empat Kali Lipat

Garam beryodium di Gunungsitoli |Foto: Budi Gea
Gunungsitoli,- Harga garam beryodium yang banyak digunakan para ibu rumah tangga sebagai bumbu memasak, melonjak drastis. Kenaikan harga garam tersebut disejumlah pasar di Kota Gunungsitoli mencapai sekitar 400 persen atau naik empat kali lipat dari harga biasanya.

Disejumlah kios pasar beringin gunungsitoli, harga garam setiap 20 kemasan kecil saat ini mencapai 36.000 rupiah. Sedangkan harga sebelumnya hanya 9.000 rupiah.

''Kenaikan harga garam beryodium ini sudah berlangsung sejak tiga pekan terakhir ini bang,'' kata Maruli Manurung, seorang pedagang di Pasar Beringin Kota Gunungsitoli, Rabu (02/08/2017).

Dari pantauan wartanias.com, Sejumlah kios di pasar itu tidak menyediakan stok garam yang berlebihan. Rata-rata para pedagang mengaku bahwa garam yang dipasarkan saat ini merupakan stok lama.

"Harga garam saat ini naik karena stok garam di gudang pengemasan di gunungsitoli sedang kosong,"ujar maruli.

Meski mengalami kenaikan harga sangat tinggi, Maruli mengatakan bahwa kalangan ibu rumah tangga tidak terlalu memasalahkannya.

"Mungkin karena penggunaannya tidak terlalu banyak, hanya untuk kebutuhan memasak, kenaikan harga yang sampai empat kali lipat tersebut tidak banyak diributkan pembeli,''tambahnya.

Hingga saat ini, belum bisa dipastikan berapa jumlah stok garam beryodium yang masih dipasarkan para pedagang di kota gunungsitoli. (Budi Gea)
 border=  border=

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara