Berita Terbaru
Loading...
Minggu, 03 September 2017

Cristian Zebua Dikukuhkan Jadi Ketua Umum BPP Propinsi Kepulaun Nias

Cristian Zebua bersama Menkuham
Yasonna Laoly |Foto: FB Humas HIMNI
Gunungsitoli - Mayjend (Purn) Cristian Zebua dikukuhkan Jadi Ketua Umum Badan Persiapan Pemekaran (BPP) Propinsi Kepulauan Nias. Pengukuhan tersebut ditandai dengan penyerahan Surat Keputusan (SK) Forum Kepala Daerah (Forkada) Kepulauan Nias disela-sela acara launcing maskot pesta Ya'ahowu Kepuluan Nias, bertempat di Taman Ya'ahowu, Sabtu (2/9/2017).

"Tugas ini melanjutkan tugas dari yang terdahulu. Jadi kalau di umpakan main bola. Bola sudah digiring kegawang lawan oleh panitia terdahulu dan sekarang panitia yang baru mempersiapkan diri untuk menendang bola ke gawang lawan. Setelah ada semprit dari pemerintah pusat,"terang Cristian.

Meski Moratorium pemekaran daetah otonomi baru belum dicabut pemerintah. Menurut Crisitan, BPP tetap akan bekerja menyiapkan kelengkapan persyaratan sembari menunggu moratorium di cabut.

"Jadi yang memegang peranan ini adalah pemerintah pusat. Bagaimana pemekaran ini dibuka kembali.Pada kesempatan ini, kepada pantia terdahulu. Beri masukan, beri dorongan. Kita sama sama bergandengan tangan yang didukung penuh para pimpinan daerah,"ucapnya.

Pada kesempatan itu, dirinya juga menjelaskan tujuan pemekaran yakni untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, memperpendek rentang kendali pemerintahan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Ketua Forkada Kepulauan Nias, Lakhomizaro Zebua pada sambutannya menjelaskan bahwa sebelumnya telah diputuskan bahwa yang menjadi Ketua Umum BPP Kepulauan Nias adalah Wakil Bupati Nias Utara, Haogosokhi Hulu. Namun karena kesibukan tugas utama dilakukanlah penyempurnaan kepengurusan.

"Dua bulan yg lalu, Forkada telah memutuskan membentuk BPP yang pada awalnya dipimpin wakil bupati nias utara, berhubung kerena tugas dan Mayor Jenderal Purnawirawan, Cristian Zebua, bersedia sebagai ketua umum dengan wabub sebagai ketua harian,"jelasnya. (Fery Harefa)
Back To Top