Berita Terbaru
Loading...
Jumat, 01 September 2017 Dibaca kali

Pipa Saluran BBM di Pertamina Gunungsitoli Bocor, Ribuan Liter Solar Tumpah


Pipa pertamina yang bocor |Foto: Budi Gea
Gunungsitoli,- Salah satu pipa induk penyalur Bahan Bakar Minyak (BBM) dari kapal menuju tangki penampungan di terminal BMM Pertamina Gunungsitoli bocor. Akibat kebocoran itu, ribuan liter BMM jenis Solar tumpah diselokan hingga sampai ke jalan.

Kejadian kebocoran salah satu pipa penyalur BMM Pertamina tersebut terjadi di Desa Humene Kecamatan Gunungsitoli Idanoi Kota Gunungsitoli, Kamis (31/08/2017).

Menurut warga setempat, Iwan Telaumbanua, mengatakan bocornya pipa penyalur BBM tersebut terjadi pada malam hari. Pagi harinya, puluhan warga menampung BMM jenis Solar itu ke dalam drum dan ember yang sudah disediakan.

"Kalau saya lihat, pipanya bocor pada malam hari. Pagi tadi sekitar pukul sembilan kami bersama puluhan warga menampung BBM yang tumpah itu ke dalam jiregendan drum,"ujarnya.

Iwan mengaku bahwa jumlah keseluruhan BBM jenis solar yang tumpah ke dalam selokan dan jalan dan berhasil dikumpulkan itu mencapai ribuan liter.

"Kalau diperkirakan sih mencapai ribuan liter bang,"katanya.

Sementara, pihak Pertamina Kota Gunungsitoli, Roy Larosa kepada wartanias.com mengaku bahwa bocornya pipa induk penyalur BBM itu karena sudah termakan usia.

Pihaknya mengaku sudah pernah mengusulkan pergantian pipa untuk pemeliharaan ke Pertamina Pusat namun sangat lambat ditanggapi.

"Ia memang pipanya bocor. Itu karena pipanya sudah termakan usia,"katanya.

Roy Larosa membantah bahwa jumlah BBM jenis Solar yang tumpah dan telah ditampung oleh warga disekitar lokasi tidak mencapai ribuan liter.

"Diperkirakan hanya seratur liter yang tumpah itu. Penyaluran BBM solar kepada konsumen di wilayah Pulau Nias tetap lancar karena stok masih tercukupi,"ujarnya.


Pantauan wartanias.com, pipa saluran BBM ke tangki penampungan di terminal BBM Pertamina Gunungsitoli sebagian besar sudah termakan usia. (Budi Gea)
Back To Top