Terbaru

PMI Gusit: Banyak Manfaat Donor Darah, Salah Satunya Bisa Cegah Penyakit

Seminar manfaat donor darah di gunungsitoli
|Foto: Budi Gea
Gunungsitoli,- Donor darah nyatanya tak hanya bermanfaat bagi sang penerima (resipien) semata. Sang pendonor pun mendapat manfaat yang luar biasa dari melakukan donor darah secara rutin. Setidaknya hal tersebut telah terbukti secara medis dan disetujui oleh banyak ahli. Hasil penelitian membuktikan, pendonor darah nantinya akan merasakan kualitas hidup yang meningkat dari sebelumnya. Tak hanya itu, beberapa manfaat donor darah pun baik bagi kecantikan.

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Ketua PMI Sumatera Utara DR. Dr. Haras Rajagukguk saat menjadi pembicara pada seminar dan sosialisasi manfaat donor darah yang digelar oleh PMI Kota Gunungsitoli di aula lantai II Kantor Wali Kota Gunungsitoli, Kamis (28/09/2017).

"Donor darah bagi kesehatan pendonor juga sangat penting. Diantaranya bisa melindungi jantung, menurunkan resiko terkena kanker, membantu menurunkan lezat zat besi dalam darah, pembaharuan sel-sel darah secara rutin, pemeriksaan kesehatan gratis dan mendapat pemeriksaan analisis darah secara gratis,"ujar Horas Rajagukguk.

Selain itu, Horas juga menjelaskan bahwa donor darah sangat penting untuk kecantikan dan psikologis misalnya membakar kalori secara teratur, keadaan psikologis lebih stabil dan mencegah penuaan dini.

"Untuk hal ke'agamaan, donor darah bisa juga penting untuk beramal dan beribadah untuk menambah pahala dunia dan akhirat,"tuturnya.

Ditambahkannya bahwa mendonor darah tidak hanya sekedar membantu menyelamatkan nyawa seseorang, namun juga membantu tubuh tetap sehat.

"Tak adalagi alasan takut kekurangan darah, karena tenaga medis memastikan anda siap melakukannya. Setiap tetes darah yang Anda sumbangkan sangat berarti bagi mereka yang membutuhkan. Jadi, jangan pernah merasa dirugikan jika seseorang meminta Anda menyumbangkan darah untuk membantu sesama, terutama keluarga,"harapnya.

Sementara itu, Sekretaris PMI Kota Gunungsitoli Daniel Gunawan menjelaskan bahwa hingga saat ini pihaknya akan terus berusaha melakukan sosialisai terkait donor darah supaya stok darah bagi yang membutuhkan dapat tercukupi.

"Kami akan terus berupaya mensosialisasikan agar manfaat donor darah ini bisa dimengerti oleh masyarakat baik tingkat remaja maupun dewasa,"ujar Daniel. (Budi Gea)
 border=

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara