Terbaru

WVI Gelar Peringatan Hari Anak Nasional di Desa Hilimayo Nias Barat

Foto bersama panitia hari anak nasional
Di Nias Barat |Foto: Ferry
Nias Barat,- Wahana Visi Indonesia (WVI) Area Development Program Nias menggelar peringatan Hari Anak Nasional Tahun 2017 di Desa Hilimao Kecamatan Mandrehe Utara Kabupaten Nias Barat dengan tema Penghapusan Kekerasan Terhadap Anak (PKTA), minggu (03/09/2017).

Dalam memperingati hari anak nasional itu, WVI juga memfasilitasi pembentukan sekaligus pengukuhan forum guru Sekolah Minggu (Sekami) Gereja Katolik ST Susana Somawo, dibalai Desa Hilimayo, Kecamatan Mandrehe Utara Kabupaten Nias Barat.

Adapun forum anak yang terbentuk adalah Forum Anak Kabupaten Nias Barat, Forum Anak Kecamatan Mandrehe Utara, Forum Anak Desa Hayo, Forum Anak Desa Balodano, Forum Anak Desa Lolozirugi, Forum Anak Desa Ononamolo II, Forum Anak Desa Hiambanua dan Forum Anak Desa Tuhemberua.

Pantauan wartanias.com, ada sekitar 650 orang anak yang mengikuti kegiatan tersebut.

Untuk memeriahkan acara hari anak nasional 2017 itu, panitia juga menggelar berbagai lomba yakni lomba balita sehat, lomba mewarnai, lomba menggambar, lomba Puisi berantai dan lomba Koor musik.

"Kegiatan dalam memperingati hari anak nasional ini untuk mewujudkan anak-anak yang mampu bersaing dalam dunia pendidikan, tampil dengan keberanian, berswara didepan umum dan menyampaikan aspirasi pada pemerintah dengan baik,"kata Abdiyan Lase, Developmen Fasilitator WVI Nias.

Abdiyan menilai bahwa anak-anak sebagai generasi penerus bangsa harus mampu mennggerakkan roda pengorganisasian yang mewujudkan kehidupan anak yang sejahtera.

"Penghapusan kekerasan terhadap anak atau PKTA agar selalu dipedomani dan dijaga agar anak-anak terhidar dari kekerasan seperti Pelecehan seksual, Kekerasan fisik terhadap anak, Aborsi, Travicking, Pernikahan dini. Marilah semua masyarakat, orangtua dalam wujudkan pembuatan akta lahir, kartu keluarga agar identitas anak terdaftar, dikenali dan sebagai tanda keabsahan sebagai seorang anak,"jelasnya.

Kegiatan peringatan hari anak nasional itu juga diisi dengan penjelasan singkat dari berbagi narasumber dengan topik penghapusan kekerasan terhadap anak.


Peringatan hari anak nasional itu dihadiri pemerintah Desa Hilimayo, BPD, LPM, Tokoh, Pimpinan Gereja, Orangtua, anak-anak, Forum Anak Desa Hilimayo, Pendamping Forum Anak Desa Hilimayo, Anak-anak beserta Guru KB Gemilang, KB Pelangi, Kader Posyandu, SEKAMI, Pendamping SEKAMI, Mitra Wahana Visi Indonesia Area Development Program - Nias, Masyarakat dan Orangtua dari anak-anak. (Ferry Harefa)
 border=  border=

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara