Terbaru

Air Terjun Fahandrona Mulai Ramai Dikunjungi, Cocok Sebagai Tempat Rekreasi Keluarga


Pengunjung di air terjun fahandrona
|Foto: Budi Gea
Gunungsitoli,- Indahnya air terjun Fahandrona yang airnya mengalir deras dari balik bebatuan yang tingginya bervariasi kini mulai dilirik wisatawan lokal. Mulai dari anak-anak, muda mudi dan keluarga tampak menikmati air terjun Fahandrona yang berada di Sisobandrao, Dusun I, Desa Siwalubanua I, Kecamatan Gunungsotoli Idanoi, Kota Gunungsitoli, Minggu (01/10/2017).

Untuk menuju ke titik air terjun, pengunjung disarankan menyiapkan fisik prima karena jalan terjal berliku. Ada sekitar 80 meter panjang jalan yang bisa dinikmati dengan hijaunya alam.

Anotona Gea, wisatawan lokal asal Gunungsitoli Idanoi mengatakan air terjun Fahandrona itu sangat menakjubkan sekali. Ia mengaku datang bersama-sama dengan keluarganya serta sejumlah pemuda di lingkungannya.

Sebelum sampai di lokasi air terjun, mereka harus memarkirkan kendaraannya di simpang menuju air terjun ini. Kemudian mereka harus jalan kaki melalui jalan setapak yang agak licin apabila hujan turun.

"Air terjunnya lumayan bagus, indah. Asyik buat mandi-mandi. Awalnya saya mendapat informasi keberadaan air terjun ini dari foto-foto sosmed, Facebook. Ternyata lokasi ini tidak jauh dari rumah saya,"kata Anotona Gea.

Sementara Erman Gea, warga setempat mengaku lokasi air terjun di desa mereka ini awalnya tidak banyak yang mengetahui sebab akses jalan menuju titik air terjun belum ada.

"Hanya orang pemilik kebun di sekitar ini yang mengetahui keberadaan air terjun ini. Namun lama-lama wisatawan mulai ramai datang kesini,"ujarnya Erman.

Ia menjelaskan bahwa di sekitar lokasi air terjun Fahandrona terdapat delapan spot air terjun yang sangat indah dan airnya jernih.

"Wisatawan juga bisa melalukan kegiatan susur sungai sepanjang air terjun ini. Mereka akan dihadiahi sejumlah keindahan alam di lokasi ini,"katanya.

Warga desa setempat mengharapkan pemerintah Kota Gunungsitoli melalui dinas pariwisata kota gunungsitoli mengembangkan potensi wisata air terjun fahandrona itu agar menjadi destinasi dan objek wisata.

"Kami hanya berharap pemerintah kota gunungsitoli memperhatikan pembanguanan fasilitas jalan menuju ke titik air terjun ini,"harap Erman.


Pantauan wartanias.com, pengunjung destinasi Fahandrona ini sangat menikmati tempat itu. Wisatawan bisa menikmati deburan air terjun yang mengumpar jatuh sembari mandi di bawahnya. Aliran sungainya yang tak begitu deras juga menjadi alternatif pilihan. (Budi Gea)
 border=

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara