Terbaru

Hadirat Gea: Masyarakat dan Pelajar Harus Melek Politik

Hadirat Gea menyampaikan materi |Foto:
Budi Gea
Gunungsitoli,- Masyarakat dan generasi muda harus melek politik meski tak berkecimpung dalam hal berbau politik, setidaknya mengetahui sedikit atau sekilas tentang apa itu yang dinamakan politik. 

Pendidikan politik harus diberikan kepada setiap warga negara, tidak terkecuali pelajar. Karena kaum pelajar merupakan generasi muda bangsa yang di pundaknya masa depan bangsa tertumpu. 

Hal itu, disampaikan Wakil Ketua DPRD Kota Gunungsitoli Hadirat ST Gea saat menjadi narasumber pada kegiatan pendidikan politik yang digelar oleh Badan Kesbangpol Pemko Gunungsitoli kepada puluhan masyarakat dan pelajar di Kota Gunungsitoli, Kamis (05/10/2017).

Hadirat Gea menyampaikan materi tentang hak warga negara dalam pemilihan umum dan dampaknya dalam perpolitkan.

"Seluruh pemuda di Kota Gunungsitoli harus tanggap dan mengetahui tentang politik. Kita harus tahu bahwa politisi harus mempunyai reputasi agar di cintai oleh masyarakat,"kata Hadirat.

Hadirat menjelaskan bahwa seluruh masyarakat memiliki partisipasi dalam politik karena kedudukan dan peranan sebagai warga negara meliputi peranan yang pasif, aktif, negatif dan positif dalam politik.

"Kita punya tanggungjawab bahwa negara ini adalah amanah oleh Tuhan Yang Maha Esa, jadi kita harus mengingatkan dan berani menyampaikan ketika ada sesuatu yang keluar dari aturan. kita tak boleh buta politik sehingga kita bisa berkiprah dalam panggung politik. Meski tak aktif namun tahu tentang apa itu politik,"ujar Politisi PDI Perjuangan itu.

Pada kesempatan itu, Hadirat juga menguraikan tentang hak dan kewajiban warga negara indonesia yang diatur dalam UUD 1945.

"Salah satu hak dan kewajiban contohnya hak dan kewajiban dalam demokrasi. Pemilu menjadi sarana dalam demokrasi. Pada saat pemilu, hak warga negara adalah memilih dan dipilih. Dalam hal ini negawa wajib menjamin dan melindunginya,"jelasnya.

Selain Hadirat, pada kegiatan itu, Badan Kesbangpol juga menghadirkan narasumber yang membawa materi tentang  Pancasila Sebagai Dasar Negara oleh Syukur Kasieli Hulu dari Dosen STIE Pembnas Nias. (Budi Gea)
 border=

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara