Terbaru

Kecamatan Hiliduho Gelar Upacara Hari Sumpah Pemuda Ke-89

Kecamatan Hiliduho saat upacara HSP |Foto: MM
Nias,- Pemerintah Kecamatan Hiliduho, Kabupaten Nias, menggelar upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-89 Tahun 2017, bertempat di Lapangan Upacara Kantor Kecamatan, Desa Fadoro Lauru, Sabtu (28/10/2017).

Camat Hiliduho, Ta’ondrasi Mendrofa saat membacakan pidato Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi menyampaikan bahwa delapan puluh sembilan tahun lalu, sebanyak 71 pemuda dari seluruh penjuru tanah air, berkumpul di sebuah gedung di jalan Kramat Raya, daerah kwitang Jakarata untuk mengikrarkan diri sebagai satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa yaitu Indonesia.

"Ikrar tersebut, sangat monemental bagi perjalanan sejarah bangsa Indonesia dimana setelah 17 tahun kemudian, melahirkan proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia, tepatnya tanggal 17 Asgustus 1945,"ucapnya.

Masih saat membacakan pidato, camat mengatakan bahwa pada arena kongres Pemuda ke-2, dihadiri oleh pemuda lintas suku, agama dan daerah yang berasal dari pulau-pulau terjauh Indonesia, padahal secara imaginatif sulit rasanya membayangkan mereka dapat bertemu dengan mudah.

"Ada Mohammad Yamin, kelahiran Sawah Lunto Sumatera Barat, mewakili organisasi pemuda Sumatera, Jong Sumateranen Bond dan Johannes Leimena, kelahiran Kota Ambon Maluku, mewakili organisasi pemuda Jong Ambon, serta Katjasungkana dari Madura, Kornelis Lefrand Senduk mewakili oranisasi pemuda Sulawesi, Jong Celebes dalam kongres tersebut,"ucapnya.

Pada kesempatan itu, Camat Hiliduho juga mengajak para pemuda untuk mempedomani apa yang pernah disampaiakan Presiden RI yang pertama, Bung Karno serta mengajak seluruh hadirin untuk secara bersama-sama kukuhkan persatuan dan kesatuan Indonesia

"Jangan mewarisi abu Sumpah Pemuda, tapi warisilah api Sumpah Pemuda. Kalau sekedar mewarisi abu, saudara-saudara akan puas dengan Indonesia yang sekarang sudah satu bahasa, satu bangsa, dan satu tanah air. Tapi ini bukan tujuan akhir,"ucapnya menirukan perkataan soekarno.

Upacara tersebut turut dihadiri Kapolsek Hiliduho, Sekcam Hiliduho, Ka.UPT Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Hiliduho, Ka. UPT Kesehatan Puskesmas Hiliduho, Ketua DPC Pemuda Pancasila Kecamatan Hiliduho dan seluruh jajaran, Para PNS, Para Kades dan Sekcam serta Mahasiswa dan Pelajar se-Kecamatan Hiliduho. (MM)

Iklan

Loading...
 border=