Terbaru

Manfaatkan ADD, Kantor Desa Sifalaete di Gunungsitoli Idanoi Dibangun

Dimulainya pembangunan kantor desa
Sifalaete |Foto
Gunungsitoli,- Kantor Desa Sifalaete Kecamatan Gunungsitoli Idanoi mulai dibangun dengan menggunakan Alokasi Dana Desa (ADD) Tahun anggaran 207 sebesar 30 persen. Untuk tahap awal pembangunan Kantor Desa itu, Pemerintah Desa Sifalaete menganggarkan 134 juta rupiah.

"Untuk tahap awal, kita mengerjakan Pondasinya dulu," kata Kepala Desa Sifalaete, Agustiaman Laowo saat berbincang dengan wartanias.com di kediamannya, Selasa (10/10/2017).

Ditambahkannya bahwa perbaikan balai desa yang sebelumnya digunakan selama ini tidak dapat dilanjutkan karena terbentur dengan masalah hibah pertapakan tanah. 

"Perbaikan balai desa ini tidak bisa kita teruskan pembangunannya, karena kita mengalami beberapa kendala, diantaranya pertapakan bangunan yang belum kita miliki hibah dari yang punya tanah," terang Agustiaman.

Sebelumnya Balai Desa yang juga berfungsi sebagai Kantor Desa yang berlokasi di Dusun I Desa Sifalaete ini, terlihat sangat memprihatinkan kondisi bangunannya.

Dengan kondisi inilah, pemerintah Desa Sifalaete berinisiatif merencanakan pembangunan balai desa tersebut. 

"Pembangunan Kantor Desa ini telah kita cantumkan Di RPJMDes jauh-jauh sebelumnya dan dilaksanakan di Tahun 2017 ini, dan juga kita mendapatkan hibah tanah dari masyarakat seluas 300 m³". Tutur Agustiaman kepada wartanias.com.

Ditambahkannya, "Harapan kita dengan dibangunnya Kantor Desa ini kegiatan Pemerintah Desa dapat berjalan dengan baik, terlebih-lebih pelayanan kepada Masyarakat"

Kegiatan Pembangunan Kantor Desa tersebut telah dimulai dan ditandai dengan pemasangan pondasi dan peletakkan batu pertama pada awal oktober 2017 lalu. Informasi tersebut disampaikan oleh Ketua TPK desa sifalaete, Yasman Laowo, S.P,d, saat di konfirmasi wartanias.com.

Yasman juga berharap adanya dukungan dan kerja sama dari Pemerintah Desa, Lembaga dan masyarakat Desa dalam hal mensukseskan pembangunan balai desa itu agar dapat selesai tepat waktu.

Untuk diketahui, masyarakat Desa Sifalaete kecamatan Gunungsitoli Idanoi juga sangat menyambut baik pembangunan ini, mengingat selama ini bangunan Balai Desa Sifalaete sangat memprihatinkan. 

"Kita sangat menyambut baik pembangunan Kantor Desa ini, mengingat selama ini Desa tidak mempunyai Kantor Desa, yang ada hanya balai desa, namun sangat tidak layak bangunannya, kalau kita mengurus administrasi di desa, kita mesti kerumah Kepala Desa dulu atau kerumah Sekdes. Namun, Dengan adanya kantor desa ini, kita tidak repot-repot kedepannya. Pemerintah Desa juga dapat berkantor setiap jam kerjanya," ucap salah seorang warga Martin Luther Laowo yang juga termasuk wakil Ketua BPD Desa Sifalaete. (Ferry Harefa)
 border=

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara