Terbaru

Sosialisasikan Pilgub 2018, KPU Nias Gelar Gerak Jalan Sehat di Gidò

Pelepasan peserta gerak jalan |Foto: Budi Gea
Nias,- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Nias menggelar gerak jalan sehat atau yang bertema 'Gerak Jalan Sadar Pilkada  Serentak Tahun 2018' yang dilaksanakan di Komplek Kantor Dinas Pertanian Kabupaten Nias desa Hiloweto Kecamatan Gido Kabupaten Nias, minggu (29/10/2017) pagi.

Ketua KPU Kabupaten Nias Abineri Gulo mengatakan, gerak jalan sadar Pemilukada itu diselenggarakan untuk mensosialisasikan ke masyarakat Kabupaten Nias tentang Pilgub di 2018.

"Kegiatan ini dilaksanakan serentak di seluruh KPU dengan skala Nasional. Tujuannya adalah untuk menyampaikan lebih awal ke masyarakat terkait Pilgubsu 2018 mendatang," ujar Abineri.

KPU Nias berharap melalui kegiatan itu, masyarakat bisa mengetahui pasti bahwa akan ada Pilgub 2018 dan Pilpres di 2019 mendatang.

"Pemilihan serentak 2018 merupakan pemilihan serentak gelombang ke-3 setelah dimulainya pemilihan serentak tahun 2015. Terdapat 171 daerah yang akan ikut Pilkada serentak tahun 2018 terdiri dari 17 provinsi, 39 kota, dan 115 kabupaten,"ucapnya.

Dijelaskannya, pelayanan kepada pemilih tidak hanya pada pemungutan suara, pelayanan terhadap pemilih harus menjiwai keseluruhan tahapan. Pemilih membutuhkan informasi, sosialisasi dan pendidikan kepemiluan yang memadai dan berkualitas untuk membangun kapasitas pemilih.

"Tugas kita bersama menyadarkan publik bahwa pilihan mereka dibilik suara hanya 5 menit akan mempengaruhi kebijakan politik di daerah kita lima tahun kedepan,"tambahnya.

Sementara itu, Bupati Nias Sokhatulo Laoli yang hadir pada kegiatan itu mengatakan bahwa Pemilu sangat menentukan arah pemerintahan di daerah. Kepala daerah yabg terpilih kedepan merupakan legitimisi dan amanah rakyat untuk memimpin.

"Mari kita berperan aktip dalam pilkada, baik sebagai pelaksana terlebih kita masyarakat yang sudah mempunyai hak pilih. Termasuk pemilih-pemilih pemula yang jumlahnya cukup signifikan di Kabupaten Nias,"ucap Sokhatulo.

Bupati berharap seluruh elemen berperan dalam pilkada 2018.

"Dengan adanya gerak jalan maka warga melihat dan tertarik serta mengerti bahwa ada pilkda dan mereka akan berpatisipasi,"katanya.

Kegiatan gerak jalan itu dilepas secara resmi oleh Bupati Nias bersama seluruh Komisioner KPU dna Panwaslu Kabupaten Nias. Ada ratusan peserta gerak jalan sadar Pilkada tahun 2018 yang mengikuti kegiatan tersebut.

Hadir pada acara tersebut Ketua KPU Kabupaten seluruh Komisioner KPU dan staf, Wakapolres Nias Kompol Emanueli Harefa, Panwaslu Kabupaten Nias, Pimpinan Partai Politik Se-Kabupaten Nias, Camat se-Kabupaten nias, Pengurus Asosiasi Pemerintah Desa, Tokoh agama, tokoh Pemuda, tokoh Masyarakat, OKP, Mahasiswa, Pelajar SMA dan SMK yang masuk dalam pemilih pemula yakni SMA Nupela, SMA Negeri 1 Sogaeadu, SMK Tomosa, pemilih berbasis keagamaan dan Kelompok disabilitas. (Budi Gea)
 border=  border=

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara