Terbaru

Ada 274 Desa Lagi di Pulau Nias Belum Teraliri Listrik

Multi Stakeholder Forum PLN Nias |Foto: MM
Gunungsitoli, - Sebanyak 274 Desa di Pulau Nias belum dapat dialiri listrik. Menurut Manager PLN Area Nias, Poltak Samosir penyebab Desa-desa tersebut belum dialiri listrik adalah akses jalan yang belum dapat dilalui kendaraan. 

"Dari 950 Desa yang ada di Pulau Nias, 676 Desa sudah teraliri listrik sedangkan sisanya 274 Desa masih belum teraliri listri. Faktor utama terkendalanya masuk listrik  karena masih belum adanya akses jalan yang bisa dilewati kendaraan, sehingga sulit untuk mengangkut bahan dan alat," terang Poltak saat menggelar Multi Stakeholder Forum di Kantor PLN Area Nias, Selasa (21/11/2017).

Padahal saat ini, menurut penjelasan Poltak, daya listrik untuk memenuhi kebutuhan di Pulau Nias sudah sangat cukup. Meski sebenarnya untuk Nias Selatan masih menggunakan sistem manual, karena belum selesai transmisi.

"Khusus di Nias Selatan karena belum selesai transmisi maka dayanya masih kurang, namun kita menggunakan sistem manual sehingga daya tercukupi. Awal tahun semester pertama di tahun 2018 kita rencanakan transmisi dari Gunungsitoli ke Teluk Dalam dapat selesai sehingga nanti di Pulau Nias ada 2 Gardu yang terletak 1 Gardu di Gunungsitoli dan 1 Gardu di Nias Selatan,"Jelasnya. (MM)
 border=

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara