Terbaru

Bupati Nias Sambut Tim Kementrian Kesehatan RI di RSUD Gunungsitoli

Bupati Nias sambut Tim Kemenkes RI |Foto: MM
Nias,- Bupati Nias Sòkhiatulo Laoli menyambut Tim Kemenkes RI yang berkumjung ke Nias dalam rangka pembinaan wilayah.

Adapun tim yang disambut Bupati Nias tersebut adalah Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan RI, dr. Untung Suseno Sutarjo, M.Kes didampingi kepala Badan PPSDM Kesehatan, Direktur Yankes Rujukan, Direktur Mutu & Akreditasi, Ka. Biro Keuangan, Ka. Biro Hukum, Kepala Pusat Pembiayaan & Jaminan kesehatan bersama serta Kepala Dinas Kesehatan Provsu di RSUD Gunungsitoli, Selasa (14/11/2017).

Bupati Nias Drs. sokhiatulo Laoli, MM dalam sambutannya pada acara penyambutan tim Kemenkes RI tersebut menyampaikan ucapan selamat datang kepada Sekjend Kemenkes RI bersama rombongan dan juga kepada kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara dan tim yang telah berkenan berkunjung di RSUD Gunungsitoli Kabupaten Nias.

Menurut Bupati, kunjungan kerja dan pembinaan wilayah yang dipimpin Sekretaris  Jenderal Kementerian Kesehatan RI di RSUD Gunungsitoli, menunjukkan perhatian pemerintah pusat terhadap daerah, dalam hal pembangunan dan pelayanan kesehatan khususnya di Kabupaten Nias dan umumnya kepulauan Nias.

"Permasalahan mendasar dalam hal pemerataan dan mutu pelayanan kesehatan yang belum optimal, seperti derajat kesehatan masyarakat yang masih rendah, serta tingginya kasus penyakit menular dan tidak menular seperti malaria, demam berdarah, rabies, HIV/AIDS dan beberapa penyakit lainnya, disamping geografis kewilayahan ini disebabkan karena Nias merupakan daerah perbatasan dan terpencil serta rendahnya ekonomi masyarakat," ujar Sokhiatulo.

Selain itu, penyebabnya adalagh karena tenaga kesehatan di lima (5) Puskesmas di Kabupaten Nias yang belum memiliki dokter, analis, gizi, sanitarian, dan tenaga farmasi yang hampir 60%  tidak tersedia di masing-masing Puskesmas.

Sementara di RSUD Gunungsitoli, juga masih banyak membutuhkan beberapa jenis dokter spesialis untuk memenuhi kebutuhan pelayanan kesehatan bagi 806.213 jiwa masyarakat kepulauan Nias.

Sementara dalam meningkatkan pelayanan kesehatan, Bupati atas nama Pemerintah Kabupaten Nias, berkomitmen untuk memenuhi akreditasi, baik di RSUD Gunungsitoli, sebagaimna survey akreditasi yang baru saja dilaksanakan oleh tim KARS, dengan harapan RSUD Gunungsitoli mendapatkan, Akreditasi Paripurna.

Selain itu, Bupati juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Pusat dhi. Kementerian Kesehatan RI, yang telah memberi perhatian dan dukungan melalui pengalokasian dana DAK bidang kesehatan, termasuk penempatan tenaga kesehatan di wilayah Kabupaten Nias.

Untuk diketahui, melalui Program WKDS (Wajib Kerja Dokter Spesialis) sebanyak 2 orang di RSUD Gunungsitoli dan 29 orang Tim Nusantara Sehat di 5 Puskesmas, serta sebanyak 5 orang dokter umum dari Program Internsip Dokter Indonesia (PIDI).


Bupati Nias berharap agar dimasa yang akan datang, kementerian Kesehatan RI dapat tetap mengalokasikan DAK serta menempatkan tenaga kesehatan di Kabupaten Nias (Kepulauan Nias) melalui berbagai program secara berkelanjuatan. (MM)

Iklan

Loading...
 border=