Terbaru

Gempa Bermagnitudo 5 Guncang Pulau Nias, Tidak Berpotensi Tsunami

Peta Gempa Bumi |Foto: BMKG
Nias,- Gempa bumi bermagnitudo 5 (M=5) mengguncang Pulau Nias dan sekitarnya, Selasa (21/11/2017) sekitar pukul 06:41 WIB pagi ini.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, pusat gempa terjadi dengan koordinat episenter pada 1,52 LU dan 97,13 BT atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 14 km arah utara Kota Lahewa, Kabupaten Nias, Propinsi Sumatera Utara pada kedalaman 18 km.

"Pusat gempat berada di kedalaman 18 kilometer. Gempa itu pun tidak berpotensi tsunami," ujar Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Drs. MOCH. RIYADI melalui pesan singkat, Selasa (21/11/2017).

BMKG menjelaskan bahwa dampak gempabumi yang digambarkan oleh Peta tingkat guncangan (shakemap) menunjukkan bahwa guncangan berpotensi dirasakan di daerah Nias, Sinabang, dan Singkil dalam skala intensitas I-II SIG-BMKG (II-III MMI).

"Hasil laporan masyarakat gempa bumi ini dirasakan di Nias II SIG-BMKG (III MMI)," ujarnya.

Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempa bumi ini termasuk dalam klasifikasi gempa bumi dangkal akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi ini dipicu oleh penyesaran naik, dengan kombinasi geser (oblique thrust fault)," tulis BMKG.

Hingga pukul 07.04 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan  satu aktivitas gempabumi susulan (aftershock) terjadi pada pukul 06.52 WIB dengan kekuatan M=4.1.

"Kepada masyarakat di sekitar wilayah Pulau Nias dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya," himbaunya. (red)

Iklan

Loading...
 border=