Terbaru

Ini Agenda Pesta Ya'ahowu Kepulauan Nias di Kota Gunungsitoli Tahun 2017

Pesta Yaahowu 2017 |Foto: Hiro Dachi
Gunungsitoli,- Panitia Pelaksana Event Pesta Yaahowu Kepulauan Nias yang di Gelar di Kota Gunungsitoli pada bulan November 2017 ini telah menyiapkan seluruh rangkaian acara kegiatan pada pelaksanaan pesta tahunan di Pulau Nias tersebut.

Seluruh agenda kegiatan telah disiapkan secara matang oleh Panitia Pelaksana mulai dari Pembukaan pada 23 November 2017 ini hingga penutupan pada 26 November 2077 ini.

"Seluruh agenda kegiatan dari pembukaan hingga penutupan telah dirancang sedemikian rupa. Kita berharap pelaksanaan Pesta Ya'ahowu di Kota Gunungsitoli tahun ini berjalan dengan sukses," kata Ketua Panitia Pesta Ya'ahowu tahun 2017 Sowa'a Laoli kepada wartanias.com, Jumat (10/11/217).

Berikut Run Down acara Pesta Ya'ahowu Kepulauan Nias di Kota Gunugsitoli tahun 2017 yang dihimpun wartanias.com dari Panitia:

1. Pada Kamis (23-11-2017) digelar Pembukaan pameran produk unggulan dan kuliner Nias dimulai pukul 08.00 WIB. Pembukaan kegiatan akan dilaksanakan di Lapangan Merdeka Kota Gunungsitoli. Pada pembukaan nanti akan dihadiri oleh Menkuham RI, Gubernur Sumut, Kapoldasu dan Lima Kepala Daerah Sekepulauan Nias. Pembukaan itu akan diadakan berbagai kegiatan yakni Penampilan kelompok seni, Pawai Budaya.

Puncak acara pembukaan Pesta Ya'ahowu digelar pukul 18:00 - 23 WIB di Taman Ya'ahowu Kota Gunungsitoli. Pembukaan secara resmi tersebut akan di'isi Grand Opening Celebration (Atraksi  Tari Folaya Bagowasa), kemudian akan ada Penampilan/Atraksi masing-masing Kabupaten /Kota (atraksi dan festival). Kabupaten Nias akan menampilkan ( Tari tuwu), Kabupaten Nias Barat ( sosio drama "fanaru fakhe"), Kabupaten Nias Selatan (Lompat Batu dan tari maluaya) dan Kabupaten Nias Utara (Atraksi Musik Tradisional) .

Selain itu, Pembukaan secara resmi akan ditandai dengan Penyulutan api pembukaan Pesta Ya'ahowu Kepulauan Nias (simbol "Fondrako") oleh lima kepala Daerah se-Kepulaun Nias.

2. Pada Jumat (24-11-2017) akan dilanjutkan pameran produk unggulan dan kuliner serta Festival seni pahat yang dimulai dari pagi hari dan dilaksanakan di Lapangan Merdeka Kota Gunungsitoli. Malam hari dimulai pukul 19:00 WIB akan digelar penampilan atraksi seni dan budaya kontingen Kabupaten /Kota se-Kepulauan Nias di Taman Ya'ahowu.

Adapun jenis atraksi yang ditampilkan dari masing-masing Kabupaten /Kota adalah Kabupaten Nias (tari silat tradisional), Kabupaten Nias Barat (Maena kreasi/kolaborasi tari bolihae, famaola afo, folaya saembu, fanari moyo, maena maru), Kabupaten Nias Selatan ( Tari Miti-miti), Kota Gunungsitoli  (tari manu-manu/ fatele dan tari Ya'ahowu) .

3. Pada Sabtu (25-11-2017) akan digelar lanjutan pameran produk unggulan dan kuliner, pameran dan atraksi kelompok seni dan festival seni pahat dimulai dari Pukul 09:00 WIB di lapangan Merdeka. Pada hari yang sama, akan digelar lomba permainan rakyat yakni Rago ue, Fafusi, Fabelugama dan fabiri.

Kemudian pada malam harinya akan dianjutkan atraksi seni dan budaya dari setiap kontingen Kabupaten /Kota se-Kepulauan  Nias di Taman Ya'ahowu . Adapun jenis atraksi yang ditampilkan saat itu adalah Kabupaten Nias (tari baluse), Kabupaten Nias Utara (atraksi kahe-kahe, tari maena kreasi), Kabupaten Nias Selatan ( Feta batu/atraksi musik tradisional) dan Kota Gunungsitoli (Atraksi  prosesi budaya nias "Famotu, fame'e, fanou'o mbene'o").

4. Pada hari terakhir yakni Minggu (26-11-2017) terus dianjutkan pameran produk unggulan dan kuliner, atraksi kelompok seni dan seni pahat. Kemudian siang hari dari pukul 14:00 WIB akan digelar Lomba dayung perahu tradisional Nias antar Kabupaten Kota yang dilaksanakan dari Dermaga TPI Luaha dan Dermaga Pelabuhan Lama.

Malam harinya akan digelar Penampilan atraksi seni dan budaya kontingen Kabupaten /Kota se-Kepulauan  Nias di Taman Ya'ahowu. Jenis atraksi yang ditampilkan saat itu adalah dari Kabupaten Nias (tari Folaya Bazimate), Kabupaten Nias Utara (atraksi Hoho dan Folaya), Kabupaten Nias Selatan ( Tari Moyo) dan Kota Gunungsitoli (atraksi musik tradisional).


Penutupan secara resmi Pesta Ya'ahowu Kepulauan Nias 2017 digelar pukul 19.30-20.30 WIB di Taman Ya'ahowu. Pada penutupan akan dilaksanakan pengumuman hadiah kejuaraan. 

Acara puncak penutupan juga akan diisi dengan acara maena massal dan Hiburan rakyat atau Gunungsitoli Night yakni penampilan artis dan kelompok seni Ibu Kota dimulai pukul 20.40 - 24.00 WIB. (Budi Gea)
 border=  border=

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara