Terbaru

Parit Ditutup Yang Punya Lahan, Rumah Warga Ononamolo I Lot Kebanjiran

Rumah warga yang kebanjiran |Foto: Budi 
Gunungsitoli,- Puluhan rumah warga di Desa Ononamolo I Lot kebanjiran setinggi 40 Centi Meter. Hal itu terjadi karena parit yang dibangun pemerintah di lokasi pemukiman ditutup salah seorang warga yang mengaku pemilik lahan.

Hal itu dikatakan salah seorang warga Desa Ononamolo I Lot Kecamatan Gunungsitoli Selatan Kota Gunungsitoli Arosokhi Zega (43) ketika ditemui wartanias.com di rumahnya yang kebanjiran, Kamis (09/11/2017) pagi.

"Sejak parit di sebelah rumah saya ini di tutup oleh pemilik lahan, rumah kami tergenang banjir pak," kata Arosokhi.
Ia mengaku bahwa pemilik lahan yang menutup bangunan parit tersebut adalah seorang oknum PNS Kota Gunungsitoli berinisial SZ yang diketahui ngantor di BPBD Kota Gunungsitoli.

"Yang menutup parit itu adalah SZ. Dia dinas di BPBD Kota," aku Sokhiaro.
Warga berharap agar Pemerintahan Kota Gunungsitoli bisa mendengarkan keluhan mereka dan segera terhindar dari genangan air yang masuk ke rumah mereka dan telah berlangsung lama.

"Kurang lebih setahun yang lalu kami warga disini telah mengadukan dan melaporkan hal ini ke sejumlah instansi Pemerintahan Kota Gunungsitoli termasuk Wali Kota dan Lembaga DPRD, namun sampai sekarang surat kami tidak ditanggapi," ucapnya.

Pantauan wartanias.com, sejumlah rumah warga di desa itu terendam banjir termasuk rumah Aroskohi. Air masuk ke dalam rumah hingga warga kesulitan melakukan aktifitas di dalam rumah.

Ketinggian air bervariasi dari 40 - 50 Centi Meter. Apabila tidak ada penanganan yang lebih cepat, dikhawatirkan para warga dan terlebih balita akan mudah terserang penyakit.

"Sejak rumah kami tergenang air begini, kami terpaksa tidur di lantai dua rumah kami," tambahnya sedih.

Hingga berita ini tayang, wartanias.com masih berupaya melakukan konfirmais kepada pihak terkait. (Budi Gea)
 border=  border=

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara