Terbaru

Evi Novida: WNI Punya Hak Memilih, Tak Terkecuali Perempuan

Evi Novida Ginting |Foto: MM
Nias,- Setiap warga negara memiliki hak untuk memilih pemimpinnya dan peran perempuan dalam pesta demokrasi sangat penting. Maka dari itu setiap warga khususnya perempuan harus memastikan dirinya terdaftar menjadi pemilih.  

Hal itu disampaikan Komisioner Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU-RI), Evi Novida Ginting yang hadir sebagai narasumber dalam kegiatan Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih berbasis perempuan yang diselenggarakan oleh KPU Kabupaten Nias di Aula Kantor Bupati Nias, Ononamolo 1 lot, Gunungsitoli, Sumatera Utara, Sabtu (09/12/2017).

Evi memaparkan bahwa untuk memastikan warga telah terdaftar dalam Daftar Pemilih dapat di cek di website KPU (www.kpu.go.id) atau bisa juga melalui Sidalih. Namun syarat paling utama menjadi pemilih adalah memiliki E-KTP.  

"Daftar pemilih bisa di akses melalui laptop atau smartphone android masing - masing dengan mengunjungi website KPU resmi," ujarnya.

Evi menyampaikan bahwa saatnya perempuan untuk menjadi pelaku pemilu. Menjadi pelaku pemilu bisa dilakukan dalam segala sektor yakni menjadi penyelenggara pemilu atau menjadi peserta pemilu.

Karena saat ini kesetaraan gender menjadi bagian prioritas. Maka diharapkan agar para kaum perempuan untuk selalu optimis dengan berani tampil dalam segmen manapun.

Sementra itu, Ketua KPU Provinsi Sumatera Utara, Mulia Banurea dalam materinya juga menyampaikan bahwa dalam pelaksanaan PILGUB SUMUT tahun 2018 tidak akan di ikuti oleh Calon perseorangan (independen). 

Mulia juga menambahkan bahwa dari hasil penelitian yang dilakukan untuk wilayah Sumatera Utara masih terdapat masyarakat yang belum memiliki KTP elektronik. Maka diharapkan kerjasama dari Pemerintah melalui Dinas Kependudukan agar kiranya dapat mengajak warganya untuk melakukan perekaman KTP.  

"Karena syarat utama jadi pemilih wajib punya KTP-EL", Ujarnya 

Selain itu, Dia juga berharap peran serta masyarakat untuk membantu meningkatkan partisipasi pemilih khususnya dalam menghadapi PILGUB SUMUT 2018 dan PEMILU 2019. 

Ketua KPU Kabupaten Nias, Abineri Gulo berharap kiranya melalui sosialisasi ini para kaum perempuan dapat menjadi agen sosialisasi pemilu di wilayahnya masing - masing. 

"Peran serta kaum hawa juga sangat menentukan dalam setiap kepemiluan," ungkap Abineri.

Kegiatan ini dihadiri oleh Asisten 1 Pemkab Nias, Kepala Disdukcapil Kab. Nias, Kabid Politik Kantor Kesbangpol Kab. Nias, KPU Kota Gunungsitoli,  KPU Kab. Nias Utara, KPU Kab. Nias Selatan, KPU Kab. Nias Barat, Pesatuan Dharmawanita dan Tim Penggerak PKK,  serta perwakilan perempuan dari tiap Kecamatan. (MM

Iklan

Loading...
 border=