Terbaru

Pembangkit Listrik Moawo difungsikan, Daya Listrik di Nias Jadi 58 MW

PLTD Moawo |Foto: TBG
Gunungsitoli,- Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Gunungsitoli Moawo akhirnya telah difungsikan oleh PT. PLN Area Nias, Rabu (20/12/2017).

PLTD Gunungsitoli Moawo tersebut mengoperasikan 6 unit Genset 3512B Caterpillar X 1.000 kw atau sama dengan 6 MW.

Hal itu disampaikan Manager PLN Area Nias Poltak Samosir kepada wartanias.com di ruang kerjanya Kantor PLN Area Nias jalan Gomo Kota Gunungsitoli, Kamis, (21/12/2017).

"Selain mesin, PLN Area Nias juga mempunyai Trafo Step Up sebagai trafo bangkit dari tegangan 400 Volt ke 20 kw dan Panel kontrol genset baru yang di fungsikan di PLTD Moawo," ujar Poltak.

Poltak Samosir menjelaskan bahwa PLN Area Nias terus berupaya melaksanakan program-program kerja yang konkrit untuk mewujudkan Nias terang.

"Salah satu upaya yang dilakukan PLN sejak awal adalah mempersiapkan unit pembangkit backup sistem kelistrikan Nias. Sistem utama Nias tentunya dari pembangkit yang ada di Idanoi, namun PLN juga berpikir sejak awal bagaimana jika unit di Idanoi butuh pemeliharaan atau alami gangguan, maka tentunya backup daya perlu dipersiapkan dan Unit mesin baru di Moawolah yang menjadi jawabannya," jelasnya.

Ia menambahkan bahwa dengan aktifnya PLTD Gunungsitoli Moawo tersebut, maka daya listrik yang dimiliki oleh PLN Area Nias menjadi 58 Mega Watt.


"Oleh karena itu, saat ini daya mampu sistem kelistrikan di Pulau Nias adalah sebesar 58 MW dan kebutuhan pelanggan hanya total 30 MW maka Daya cadangan sebesar 28 MW. Sebuah cadangan daya yang besar untuk menyambut kebutuhan listrik baru bagi kemajuan ekonomi masyarakat Nias. Termasuk sinyal positif bagi para investor karena listrik sudah surplus," tambahnya. (Budi Gea)

Iklan

Loading...

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara