Terbaru

Setahun Disimpan, Alat Pompa Air ini Akan Dibagikan Kepada Warga Nias Utara

Alat Pompa Air yang bertumpuk |Foto: Haogo
Nias Utara,- Puluhan unit alat pemompa Air yang telah lama bertumpuk di Gedung Balai Pembenihan Hortikultura Kabupaten Nias Utara telah siap didistribusikan kepada warga jika kelompok Tani bersedia membangun Rumah Pompa Air secara swadaya.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Nias Utara, Idaman Johan Hulu, kepada Wartanias.com, Rabu (06/12/2017) mengatakan untuk membangun rumah pompa air tersebut diharapkan swadaya dari Kelompok Tani, karena tidak ada ketersediaan dana dari pemerintah.

"Pompa Air ini kita terima tahun 2016 lalu, yang dananya bersumber dari Alokasi Dana Khusus (DAK), jadi kendala selama ini tidak semua tersalurkan karena tak ada swadaya kelompok tani untuk membangun Rumah Pompa Air tersebut, dan juga tidak ada dana khusus itu dari pusat. Kami siap mendistribusikan kepada Kelompok Tani yang telah siap membangun Rumah Pompa Air itu," ucap Idaman.

Sementara itu, Kepala Bidang Sarana dan Prasarana pada Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Nias Utara, Hezatulo Harefa menambahkan untuk mendapatkan Pompa Air tersebut selain membangun Rumah Pompa, Kelompok Tani wajib mengusulkan melalui proposal telebih dahulu. 


"Membangun Rumah Pompa Air itu sebenarnya tidak susah cukup 2x2 meter saja dan bahkan bisa setengah beton. Yang kita harapkan disini adalah swadaya dan kerjasama Anggota Kelompok Tani agar Pompa Air ini dapat terjamin ke'amanannya. Sebelum itu juga kami perlu turun survei langsung ke sawah Kelompok Tani setelah mereka mengajukan proposal untuk mendapatkan Pompa ini," terang Hezatulo. (HaogĂ´ zega)
 border=

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara