Terbaru

Hampir Seluruh Warga Nias Utara Telah Terdaftar di BPJS Kesehatan

Kepala BJPS Kesehatan Nias Utara Arayanti
|Foto: Haogô Zega
Gunungsitoli,- Hampir Seluruh Warga Kabupaten Nias Utara telah terdaftar pada Program Badan Pelayanan Jaminan kesehatan (BPJS) Kesehatan. Hal itu disampaikan Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Nias Utara, Asrayani Tanjung kepada wartanias.com saat ditemui diruang kerjanya, Kamis (18/01/2018).

"Dari jumlah keseluruhan penduduk Nias Utara pada Bulan juli 2017 lalu Sebanyak 146.663 jiwa, yang telah mendaftar sebagai peserta BPJS telah mencapai 142.673 jiwa, Artinya hampir seluruh warga Nias Utara terdaftar. Tinggal sekitar empat ribu jiwa lagi yang belum," ujar Asrayani.

Ia menjelaskan untuk menjadi peserta BPJS ada beberapa kelompok yang telah ditentukan yaitu Kelompok pekerja penerima upah, Kelompok Pensiun, dan Kelompok Mandiri.

"Untuk Kelompok pekerja Penerima upah seperti PNS, TNI, dan POLRI. Sementara Kelompok Mandiri artinya pekerja bukan penerima upah yaitu mereka membayar iuran setiap bulan sesuai dengan permintaan kelas misalnya Kelas I iurannya 80.000, Kelas II iuran 51.000, dan Kelas III iurannya 25.500," jelasnya.

Asrayani menambahkan bahwa BPJS kesehatan telah menandatangani komitmen bersama Pemerintah Daerah pada tahun 2017 lalu dimana Pemerintah Daerah bersedia menanggung masyarakat yang belum menerima kartu Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).


"Jika ada masyarakat yang tidak mampu belum menerima Kartu JKN, bisa minta rekomendasi dari Dinas Kesehatan Nias Utara untuk dimasukan sebagai peserta BPJS yang di bayarkan oleh Pemerintah Daerah, dengan persyaratan ada surat keterangan tidak mampu dari Kepala Desa dan Surat Rekomendasi dari Dinas Sosial," terangnya," tambahnya. (Haogô Zega)

Iklan

Loading...
 border=

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara