Terbaru

Jumlah Lansia Terlantar Bertambah, Bupati Nias Beri Bantuan

Bupati saat serahkan bantuan |Foto: MM
Nias,- Bupati Nias Sokhiatulo Laoli menyerahkan secara simbolis bantuan sosial bagi lanjut usia terlantar kepada 100 orang perwakilan penerima yang berasal dari 10 Kecamatan di Kabupaten Nias, acara tersebut dilaksanakan di kantor Dinas Sosial Kabupaten Nias di Gido, Jumat (19/01/2018).

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Nias, Tonafati Zebua, ST dalam laporannya menyampaikan bahwa ada 100 orang lanjut usia terlantar menerima bantuan dari Pemerintah Kabupaten Nias.

"Kegiatan hari ini untuk menyerahkan bantuan sosial bagi 100 orang lanjut usia terlantar Di Kabupaten Nias Tahun Anggaran 2017, yang merupakan salah satu program peningkatan kesejahteraan sosial yang diselenggarakan pemerintah Kabupaten Nias bagi masyarakat yang memiliki keterbatasan kemampuan sosial-ekonomi," kata Tonafati.

Ia menjelaskan bahwa kriteria penerima bantuan bagi lanjut usia terlantar antara lain telah berusia 60 tahun keatas, Terlantar dan tidak ada yang mengurus; Termasuk kategori miskin; Tidak memiliki kemampuan, baik fisik maupun ekonomi; Tidak mendapatkan pensiun; Tidak memiliki aset dan Tidak dapat memenuhi kebutuhan dasarnya secara layak.

"Jumlah bantuan sosial yang diberikan kepada lanjut usia terlantar sebesar Rp. 300.000 per bulan bulan atau Rp. 3.600.000 per tahun untuk setiap orang. Bantuan tersebut diserahkan secara non tunai kepada masing masing penerima manfaat atau wali," jelasnya.

Sementara dalam arahnya, Bupati Nias menyampaikan bahwa pelaksanaan upaya peningkatan kesejahteraan sosial lanjut usia memerlukan perhatian dan kerjasama dari elemen pemerintah, masyarakat dan keluarga.

Bupati menjelaskan bahwa Jumlah lanjut usia mengalami peningkatan setiap tahunnya pada kurung waktu 4 tahun terakhir yaitu 2014 sampai 2017. 

Jumlah lanjut usia di Kabupaten Nias mengalami peningkat dengan persentase di atas 10% setiap tahunnya. Pada tahun 2017 jumlah lanjut usia berjumlah 1.513 orang. Sedangkan pada tahun 2016 berjumlah 1.364 orang.

"Ini artinya jumlah lanjut usia pada tahun 2017 mengalami peningkatan 11% dari tahun sebelumnya," ujar Sokhiatulo.

Kondisi itu menurut Bupati di pengaruhi faktor semakin meningkatnya kualitas dan standar pelayanan kesehatan di Kabupaten Nias yang berdampak pada tingginya usia harapan hidup.

Melihat kondisi tersebut, pemerintah daerah dalam melaksanakan kegiatan pemberian bantuan sosial di sesuaikan dengan kemampuan anggara daerah yang tersedia. Namun demikian pemerintah daerah terus berkomitmen untuk terus mendukung program peningkatan kesejahteraan sosial bagi masyarakat tidak mampu di Kabupaten Nias, termasuk bagi para lanjut usia terlantar.


Mewakili penerima manfaat, Eka Zai keoada wartawan menyampaikan ucapan terimakasih Kepada Pemrintah Daerah Kabupaten Nias. (MM)

Iklan

Loading...
 border=

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara