Terbaru

Puluhan Ton Pupuk Kandang Dihasilkan dari Kotoran Ayam Petelur di Olora ini

Pekerja sedang mengumpulkan kotoran
Ayam petelur |Foto: AL
Gunungsitoli,- Selain menghasilkan untung dari telur, pemilik usaha ayam petelur di Desa Olora Kecamatan Gunungsitoli Utara Kota Gunungsitoli ini juga menghasilkan keuntungan dari Kotoran Ayam hingga puluhan Ton tiap bulannya.

"Lumayan bang, kotorannya tetap kita bersihkan dan mengolahnya menjadi pupuk kandang," ujar Manager PT. DAS, Elemonoku Telaumbanua yang mengelola usaha budidaya ayam petelur ini, Kamis (18/01/2018).

Elemonoku mengatakan, dari 10 ribu ekor ayam petelur yang dibudidayakan, ia bisa mengolah kotoran ayamnya menjadi pupuk kandang hingga 10 Ton Setiap bulan.

"Tiap hari karyawan kita selalu membersihkan kandang ayamnya dengan mengumpulkan kotorannya lalu di olah menjadi pupuk," ujarnya.

Khusus untuk mengelola pupuk kandang, pria yang akrab disapa Pak Riki itu mengaku mempekerjakan karyawan dari warga sekitar desa Olora hingga puluhan orang di usaha budidaya ayam petelur itu.

"Selain dijual, warga sekitar juga kadang mengambil kotoran ayamnya secara gratis dan itu kita berikan," tambahnya. (AL)

Iklan

Loading...

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara