Terbaru

Wabub Nias Hadiri Panen Padi Perdana Kelompok Tani Siona di Gido

Wabub Nias bersama Forkompinda panen padi
|Foto: MM
Nias,– Wakil Bupati Nias Arosokhi Waruwu didampingi Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pengan Kabupaten Nias, Fonaso Laoli, menghadiri kegiatan panen perdana padi sawah kegiatan desa mandiri benih pada Kelompok Tani Siona Desa Sirete Kecamatan Gido, Jum’at (26/01/2018).

Ketua Panitia pelaksanaan kegiatan panen perdana padi sawah desa Mandiri benih yang juga sebagai Kepala Dinas Pertanian dan ketahanan Pangan Kabupaten Nias dalam laporannya mengatakan, bahwa maksud dan tujuan dari kegiatan itu yakni menunjukkan adanya upaya Pemerintah Kabupaten Nias dalam hal memenuhi kebutuhan pangan khususnya kabupaten Nias.

"Sekaligus mendukung para petani agar lebih giat mengelola pertanian dan memanfaatkan secara maksimal bantuan yang diberikan,"ujarnya. 

Selain itu, menurut Fonaso kegiatan itu juga bermaksud agar kelompok tani penerima manfaat dapat memenuhi kebutuhan benih sendiri bahkan bila dimungkinkan dapat menyuplai ke daerah lainnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Nias dalam bimbingan dan arahannya menyampaikan bahwa, pengembangan sektor pertanian adalah merupakan salah satu sasaran utama pembangunan ekonomi, dimana secara umum, penduduk daerah ini sebagian besar hidup dan berpencaharian sebagai petani.

"Apabila dilihat dari hasil yang dicapai pada berbagai cabang usaha tani yang dikelola masyarakat, pada umumnya masih jauh dari harapan dan belum mampu mendorong peningkatan pendapatan dan kesejahteraan petani serta keluarganya," ujar Arosokhi.

Wagub juga berharap bantuan bagi kelompok Tani Siona secara khusus dan kelompok tani di sekitarnya berupa benih dan sarana produksi berupa pupuk, pestisida, zat pengatur tumbuh, peralatan processing, bangunan gudang serta lantai jemur yang difasilitasi pemerintah Provinsi Sumatera Utara melalui Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura, diharapkan agar dimanfaatkan serta dipergunakan sebaik-baiknya.

Arosokhi juga menginstruksikan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Nias, agar membantu memfasilitasi pengurusan sertifikat benih dan lebel kepada instansi yang berwenang agar secara resmi bisa dilepas kepada yang membutuhkan.

Sedangkan kepada Kelompok Tani Sioana Desa Sirete, baik pengurus dan anggota, Wakil Bupati berharap agar kegiatan seperti ini diteruskan dan hasil panennya jangan untuk dikonsumsi melainkan digunakan sebagai benih baik untuk kebutuhan sendiri maupun kelompok tani lainnya. (MM)

Iklan

Loading...
 border=

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara