Terbaru

Daerah Pemilihan Di Kabupaten Nias Diusulkan Menjadi Tiga atau Lima Dapil

Uji publik penataan Dapil di Kabupaten Nias
|foto |Foro: MM
Nias,- Pasca melakukan Uji Publik sebanyak tiga kali tentang Rencana Penataan Dapil di Wilayah Kabupaten Nias, Sejumlah Tokoh di Kabupaten Nias mengusulkan dua Opsi tentang penataan  Dapil yakni tiga dan Lima Dapil.

Hal itu disampaikan Ketua KPU Kabupaten Nias Abineri Gulo usai acara Uji Publik Penataan Dapil pda Pemilu tahun 2019 mendatang di Aula Serba Guna Kantor Camat Gido Kabupaten Nias, Jumat (09/02/2018).

"Dari Uji Publik yang telah kami gelar terdapat dua Opsi usul jumlah Daerah Pemiliha yakni tiga dan Lima Dapil," ujar Abineri.

Usul tersebut nantinya menurut Abineri akan disampaikan pada Rapat Pleno penetapan dapil di KPU Provinsi Sumatera Utara untuk di Pleno lagi di KPU RI.

"Nanti kami sampaikan di KPU Pr untuk diterapkan melalui Pleno di KPU Pusat apakah Dapilnya tiga atau lima," ucapnya. 

Sebelumnya, dalam laporan panitia yang disampaikan bahwa kegiatan uji publik penataan Dapil ini KPU Kabupaten Nias hanya menyampaikan dasar dasar aturannya serta menerima semua usulan peserta dan selanjutnya KPUD melanjutkan ke KPU propinsi untuk dilanjutkan ke KPU RI.

"Untuk menggali usulan Dapil yang selanjutnya di lanjutkan kepada KPU Provinsi untuk dilanjutkan ke KPU RI," kata Ketua KPU Kabupaten Nias, Abineri Gulo.

Abineri Gulo dalam sambutannya menyampaikan bahwa hari ini pihaknya melaksanakan kegiatan yang sangat penting dalam proses pemilu yaitu penataan dapil.

"Untuk itu kita akan berdiskusi," tutur ketua KPU Kabupaten Nias.

Lebih lanjut, Abineri juga mengungkapkan jika pertemuan hari ini pihaknya menghadirkan narasumber yaitu Drs. Silvester Lase, sejarawan dan budayawan Nias.

"Kita juga hadirkan narasumber yang berbicara dari pandangan sejarah dan budaya Nias," tuturnya.

Dalam penyampaian materinya Drs. Silvester Lase dalam materinya sebagai narasumber mengatakan jika penambahan dapil dapat lebih merata semakin bagus.

"Dari faktor budaya dan politik penambahan dapil tidak ada permasalahan, justru jika dapil semakin merata maka lebih bagus," jelasnya.

Disesi terakhir KPU membuka ruang diskusi, dan diskusi tersebut berjalan lancar dengan berbagai argumen berbeda dari peserta. (MM)

Iklan

Loading...
 border=

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara