Terbaru

Dibangun 8 Tahun Silam, Pabrik Es Senilai 1,6 Miliar di Nisut ini Belum Beroperasi

Lokasi pabrik es di Nisut yang belum berfungsi
|Foto: Haogô Zega
Nias Utara,- Sejak tahun 2010 Pabrik Es bernilai 1,6 Miliar di Desa Sawö Kecamatan Sawö Kabupaten Nias Utara hingga kini belum di fungsikan, Sabtu (03/02/2018).

Pabrik Es yang berumur hampir delapan tahun itu, telah lama di nantikan hasil produksinya oleh masyarakat Nias Utara terutama Para Nelayan.

"Kami sangat bersyukur dulu Pabrik Es itu di lokasikan di Kecamatan Sawö karena bisa kami jangkau ketika kami pulang melaut, dan kami berharap pabrik es itu segera difungsikan,"ucap seorang Nelayan Kecamatan Sawö yang tidak ingin disebutkan namanya saat bertemu ditambatan perahu disekitar pesisir pantai Sawö.

Nelayan yang ditemui di Kecamatan  Lahewa juga berharap agar pabrik es tersebut segera difungsikan sebab mereka sangat membutuhkan sekali es untuk mengawetkan hasil tangkapan mereka.

"Dulu pembangunan pabrik es itu di Sawö begitu heboh di Nias Utara, karena yang diproduksinya adalah es balok. Tapi mana hasilnya, kami juga ingin membelinya jangan hanya di Kecamatan sawö aja di distribusikanlah karena selama ini kami hanya menggunakan es buah," harap ama uco salah satu nelayan.

Dikonfirmasi hal ini kepada Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Nias Utara, Sabar Jaya Telaumbanua yang juga sebelumnya sebagai Pejabat Pembuat Komitmen pada Pembangunan pabrik es tersebut mengatakan bahwa penyebab tidak difungsikannya pabrik es itu karena dana untuk transportasi produksi tidak ada.

"Saya sibuk trus sejak kemarin, ini pun saya sedang melayat dirumah duka. Kalau tentang pabrik es kita sudah optimalkan kemarin bahkan kita akan mencoba pihak swasta untuk mengelola. Memang pembangunan pabrik es itu sejak tahun 2010, anggarannya kalau tidak salah sekitar 1,6 Milyar tapi bertahap pembangunannya. Kendala selama ini tidak ada biaya transportasi untuk mengangkut jika ada hasil produksinya," jelas Sabar Jaya.


Hingga saat ini, wartanias.com masih terus berupaya mencari kebenaran informasi penyebab pabrik es ini tidak difungsikan. Sebab pantauan di lokasi mesin kompresor berkarat sementara lampu indikator meteran listrik terus menyala, sebagian pintu rusak dan dinding bangunan berlumut termakan usia. (Haogô zega)

Iklan

Loading...

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara