Terbaru

PT. PLN (Persero) Area Nias Memperingati Bulan K3 Nasional

Penandatangan pakta integritas K3 |Foto:
YRB
Gunungsitoli,- PT. PLN (Persero) Area Nias menyelenggarakkan Upacara  memperingati  Bulan K3 Nasional dengan  Tema ‘Melalui budaya keselamatan dan kesehatan kerja  (K3) mendorong terbentuknya bangsa yang berkakrakter’  bertempat di halaman kantor PT.PLN ( persero) Area Nias Jl. Gomo Gunungsitoli (07/02/2018).

Pelaksanaan  Upacara peringatan Bulan K3 PT.PLN (Persero) Area Nias di awali dengan penandatanganan Pakta Integritas mewakili seluruh karyawan/I yang turut di saksikan bersama Polres Nias dan menejer PT.PLN (persero).

Dalam Sambutannya Menejer PT.PLN (persero) Area Nias Poltak Samosir Mengatakan , Kecelakaan kerja adalah suatu kejadian tidak di kehendaki yang dapat mengganggu proses suatu akivitas yang telah diatur.

"Kecelakaan tidak terjadi kebetulan, malainkan ada sebabnya, factor factor penyebab kecelakaan harus di teliti dan di temukan agar untuk selanjutnya dengan dapat di cegah dan kecelakaan serupa tidak berulangkali," Ungkapnya.

Poltak mejelaskan bahwa  berdasarkan data Indonesia memiliki angka kecelakaan kerja cukup Tinggi. Pada tahun 2015 telah terjadi kecelakaan kerja sebanyak 105.182 kasus, sementara untuk kasus kecelakaan berat yang mengakibatkan kematian tercatat sebanyak 2.375 kasus dari total jumlah kecelakaan kerja  sehingga jumalah kecelakaan  kerja setiap tahunnya mengalami peningkatan hingga 5%- 10%.

"Aspek kecelakaan terjadi sebagian besar di akibatkan dari perilaku  yang tidak aman (unsafe action) dan kondisi lingkungan kerja yang tdk baik atau kondisi peralatan kerja yang berbahaya. Secara umum kecelakaan kerja yang terjadi  secara umum 80%-85% di sebabkan unsafe action dan 10%- 15% di sebabkan unsafe condition," jelasnya.

Hal itu menurut dia di pengaruhi alat-alat kerja yang tidak layak pakai,alat pengamanan yang kurang memenuhi standar.

Untuk menghindari kecelakaan kerja ini ada beberapa hal yang wajib di perhatikan oleh para pekerja yaitu memiliki SDM, kesiapan alat dan kesiapan SOP dan Job Safety Analysis. Dan memiliki kompetensi dalam melakukan pekerjaannnya  dan kondisi fisik yang prima dan mental yang baik,Serta pengawas K3 wajib melakukan pemeriksaan perlengakapan yang akan  di pergunakan.

"Marilah kita tumbuhkan rasa kepedulian  dan rasa kesadaran terhadap keselamatan dan kesehatan para pekerja di perusahaan agar mendorong PT.PLN (perseo) menjadi perusahaan yang memiliki daya saing di industri ketenagalistrikan dan memiliki karakter yang kuat sebagai perusahaan yang peduli terhadap  keselamatan dan  keshatan para pekerja, dan kepada  Mitra kerja  supaya K3 di jadikan sebagai kebutuhan dan bukan beban," tambahnya.


Upacara tersebut di hadiri personil Polres Nias, karyawan/I  PT. PLN Area Nias serta mitra Kerja Yakni PT.Indah Mandiri sari, PT. Multi Pilar Indah Jaya, PT. Putera Persada Jaya dan PT. Haleyora Powerindo. (YRB)

Iklan

Loading...
 border=