Terbaru

Sejumlah Oknum PPS di Kabupaten Nias Terlihat Santai Merokok Saat Dilantik

Sambil Merokok oknum PPS ini Ikuti acara
Pelantikan |Foto: Istimewa
Nias,- Nama Penyelenggara Pemilu khususnya KPU tercoreng akibat ulah Sejumlah Oknum Panitia Pemungutan Suara (PPS) di wilayah Kabupaten Nias saat dilantik dan diambil Sumpah Janji sebagai Penyelenggara Pemilu sambil santai Merokok di tempat pelantikan. 

Hal itu terlihat dari sejumlah dokumentasi Foto yang berhasil dihimpun oleh wartanias.com saat acara pelantikan PPK dan PPS pada Pemilu tahun 2019 di STT Sunderma beberapa waktu lalu.

Ada juga oknum PPS melipat tangan di dada
Saat diambil sumpah janjinya |Foto: BG
Sejumlah oknum PPS yang berdiri pada barisan bagian belakang Terpantau kamera tidak serius mengikuti proses pelantikan. Bahkan ketika acara pengambilan sumpah dan janji oknum-oknum PPS ini terlihat menghisap rokok dan ada juga yang asyik bercanda kepada rekannya.

Tidak hanya itu, sejumlah Oknum PPS ini juga terlihat tidak mengangkat tangan saat di ambil sumpah dan janji oleh KPU Kabupaten Nias.

Belum diketahui persis oknum Penyelenggara ini berasal dari Desa mana. Namun masyarakat berharap pihak KPU Kabupaten Nias harus mengambil tindakan tegas kepada oknum PPS yang tidak serius mengikuti acara pelantikan tersebut.

"Saat dilantik dan diambil Sumpahnya saja mereka tidak serius. Apalagi kalau melaksanakan tugas sebagai PPS di desa pasti tambah amburadul dan pastinya mencoreng  kualitas penyelenggara Pemilu di Kabupaten Nias ini," ujar Agus, salah seorang warga Kabupaten Nias, Rabu (15/03/2018).

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Nias Abineri Gulo saat dikonfirmasi terkait hal ini mengaku telah memberikan teguran kepada sejumlah PPS yang tidak serius mengikuti acara pelantikan saat itu.

"Saya sudah ingatkan pada Pidato Pelantikan, bahwa mata kami sebagai manusia terbatas melihat kesungguhan peserta yang dilantik. Tapi Dia yg tak berkedip melihat mereka Karena itu kami akan terus memantau setiap perilaku yg tdk baik," ujar Abineri.

Ditambahkanya bahwa pada Bulan Juli 2018 mendatang, KPU Nias akan kembali mengevaluasi oknum PPS tersebut supaya penyelenggaraan Pemilu di Kabupaten Nias berjalan sesuai apa yang diharapkan. 


"Pada bulan Juli nanti kami lakukan kembali Evaluasi," tambahnya singkat. (Budi Gea)

Iklan

Loading...

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara