Terbaru

Seni Budaya Dari Kota Gunungsitoli Ditampilkan di PRSU Medan

Seni Budaya dari Kota Gunungsitoli |Foto:
Istimewa
Gunungsitoli,- Seni Budaya dari Kota Gunungsitoli ditampilkan di Paviliun Pemko Gunungsitoli pada acara Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) di Jalan Gatot Subroto Medan, Sabtu (17/03/2018) malam.

Pagelaran seni budaya Kota Gunungsitoli ini diwakili oleh sanggar Tohu Sorana dari Kota Gunungsitoli sebanyak 16 orang.

Konsep acara Pagelaran seni budaya Kota Gunungsitoli tahun 2018 ini bernuansa kolaborasi seni kreatif dan pelestarian nilai dan keragaman seni budaya nias.

Wali Kota Gunungsitoli Lakhomizaro Zebua dalam arahannya sebelum Pagelaran dimulai mengatakan sektor pariwisata merupakan salah satu sektor yang memberikan nilai tambah dan kontribusi positif terhadap peningkatan perekonomian Indonesia.

Demikian halnya dengan Pemerintah kota Gunungsitoli yang menjadikan sektor pariwisata sebagai salah satu sektor unggulan pembangunan.

"Momentum kehadiran Presiden RI, Bapak Joko Widodo di Kepulauan Nias beberapa waktu yang lalu, semakin mendorong  motivasi bagi kita semua untuk tetap komitmen dan konsisten melaksanakan pembangunan pariwisata kota Gunungsitoli secara berkelanjutan dalam bingkai sinergitas pembangunan kepariwisataan Kepulauan Nias dan Provinsi Sumatera Utara," ujar Lakhomizaro.

Dijelaskannya bahwa sebagai wujud kesungguhan Pemerintah dalam pengembangan kepariwisataan daerah, telah ditindaklanjuti melalui penyusunan regulasi, kebijakan dan program strategis di bidang kepariwisataan.

"Pemko Gunungsitoli Telah menetapkan Peraturan Daerah Tentang Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Kota Gunungsitoli Tahun 2017-2025 yang bertujuan agar pembangunan pariwisata daerah lebih terencana, terarah, terpadu dan berkesinambungan," tuturnya.

Penetapan Kawasan Destinasi “Taman Yaahowu” sebagai salah satu ikon destinasi pariwisata kota Gunungsitoli salah satu kebijakan Pemerintah Kota Gunungsitoli.

"Taman Yaahowu akan kita jadikan sebagai suatu kawasan destinasi wisata kreatif dan wisata edukasi yang nyaman serta berwawasan lingkungan," katanya.

Pada tanggal 3 Maret yang lalu, pihaknya telah meresmikan destinasi wisata kuliner kota Gunungsitoli yakni pusat oleh-oleh dan kuliner khas Nias di pasar Gomo sekaligus pelaksanaan Festifal kuliner khas Nias dan launching bulu damo sebagai ciri khas kuliner kota Gunungsitoli khususnya dan kepulauan Nias pada umumnya.

Pada aspek pengembangan destinasi wisata, Tahun ini Pemko Gunungsitoli memulai pembangunan destinasi wisata religi dengan membangun  Tugu Tuhan Yesus di puncak Soarowiga desa Hilinakhe Kecamatan Gunungsitoli Barat dan Penataan kawasan air terjun Humogo di desa Fadoro Kecamatan Gunungsitoli Idanoi.

"Pengembangan Destinasi wisata sejarah kita kembangkan melalui pembangunan tugu Gempa di kawasan ex hotel wisata atau di depan mesjid Al-Furqan serta penataan kawasan Tugu Meriam di simpang Mudik" paparnya.

Dari aspek pengembangan wisata Budaya, Pemko Gunungsitoli telah melaksanakan Pesta Yaahowu Kepulauan Nias tahun 2017 yang lalu di Kota Gunungsitoli.

"Melalui kesempatan ini, saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak dalam mensukseskan kegiatan tersebut, dan telah mendapat apresiasi dari pemerintah pusat sehingga Pesta Ya’ahowu ditetapkan menjadi salah satu event dari 100 event wisata Nasional tahun 2018," ujarnya.

Selain Pesta Ya'ahowu, kota Gunungsitoli menurut Lakhomizaro memiliki program unggulan dalam melestarikan nilai budaya serta promosi wisata budaya daerah yakni kegiatan pagelaran seni budaya yang dilaksanakan setiap bulan di Taman Yaahowu, yang melibatkan sanggar-sanggar dan kelompok seni dari kecamatan, desa dan sekolah-sekolah. Kegiatan ini sudah dimulai sejak tahun 2017 dan dilanjutkan lagi tahun ini.

"Pelaksanaan event PRSU ini saya menyambut dengan baik oleh karena memiliki peran strategis dalam mempromosikan daya tarik wisata dan produk unggulan daerah. Kemarin kita telah meresmikan Paviliun Pemerintah kota Gunungsitoli sebagai tempat atau wadah berinteraksi dan berkreasi  bagi seluruh komponen masyarakat," jelasnya. (Budi Gea)

Iklan

Loading...

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara