Terbaru

Sihar: Sumut Mampu Bersaing Bila Masyarakatnya Kreatif dan Inovatif

Sihar saat di Dolok sanggul |Foto: istimewa
Dolok Sanggul,- Calon Wakil Gubernur (Cawagub) nomor urut dua Sihar Sitorus menilai bahwa beragam inovasi yang kreatif harus terus dikembangkan untuk memperkuat daya saing daerah dalam menghadapi arus global. Masyarakat dewasa ini pun dituntut untuk bisa kreatif dan berinovasi. Karena persingan yang dihadapi sangat ketat. 

"Contohnya di Humbahas sudah ada wine dengan bahan baku kopi. Ini salah satu daya saing usaha. Serta harus didukung untuk maju. Demikian juga dengan Masyarakat Pemerhati Kopi Sumatera Arabika Lintong (Maspekal) yang sudah memiliki Indikasi Geografis (IG) serta membuat klasifikasi produk sesuai kualitasnya," kata Sihar Sitorus saat mengunjungi sejumlah galeri produk lokal kopi di Humbang Hasundutan (Humbahas), pekan lalu. 

Cawagub Sumut yang maju mendampingi Djarot Saiful Hidayat tersebut mengatakan bahwa, pihaknya melihat, peluang pengembangan yang sangat besar di Sumut. Karena Sumut merupakan daerah kaya dengan beragam hasil bumi. Karena itu, kedepan pemerintah harus menjadi media pengembangan kompetensi masyarakat sehingga mampu berkompetisi dalam dunia usaha. 

"Contohnya kita membekali warga untuk mampu memenuhi standar produksi baik secara nasional maupun internasional. Standar produksi bukan hanya kuantitas, melainkan juga kualitas yang pada dasarnya ada pada Sumber Daya Manusia (SDM). Karena itu tolak ukur utama," katanya.

Lebih lanjut, paslon nomor urut 2 yang maju diusung PDI Perjuangan dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menyatakan, pembenahan SDM program yang akan dilakukan oleh pasangan Djarot -Sihar akan melalui berbagai kebijakan dan regulasi apabila sudah terpilih nantinya. "Pengembangan SDM itu bukan hanya dalam ruang lingkup pendidikan, tetapi juga melalui pembenahan usaha. Baik modal, maupun kebijakan yang berpihak pada rakyat," katanya.

Sementara itu, Pengusaha lokal di Humbahas meyakini, pasangan calon Gubernur/Wakil Gubernur Sumatera Utara Djarot Saiful Hidayat- Sihar Sitorus “DJOSS” mampu memacu perkembangan Usaha Kecil Menengah (UMK).

“Khususnya untuk Sumut ini, harapan kita pada pasangan DJOSS. Beberapa waktu lalu kita sudah perkenalkan produk industri rumahan kita seperti kopi Arabika lingtong kepada pasangan DJOSS saat berkunjung ke Humbahas. Dan kita berharap itu didukung,” kata Harapan Munthe. (red/rls)

Iklan

Loading...

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara