Terbaru

Lagi, Sihar Minta Dokter Keluarga Periksa Warga

Dokter keluarga Sihar saat obati warga
|Foto: istimewa
DELISERDANG – Calon Wakil Gubernur Sumut Sihar Sitorus kembali meminta dokter yang turut mendampinginya kampanye damai untuk memeriksa kesehatan warga. Kali ini, aksi spontanitas tersebut diminta Sihar saat blusukan ke Pasar Klumpang Jalan Besar Klumpang Kecamatan Hamparanperak Kabupaten Deliserdang, Rabu (17/4/2018) sore.

Itu terjadi saat Sihar Sitorus blusukan ke pasar tradisional itu. Sebelumnya Sihar berkeliling pasar dan menyalami pedagang serta pembeli. Saat Sihar bertanya kepada salah seorang pedagang pakaian, tiba-tiba perhatiannya tertuju kepada wanita lanjut usia yang tengah duduk di teras rumah.

Ditambah lagi warga sekitar yang meminta Sihar mendekati wanita yang tengah duduk dengan tatapan kosong itu. Pendamping Calon Gubernur (Cagub) Djarot Saiful Hidayat itu pun melangkahkan kakinya ke arah wanita yang sudah beruban itu. Sihar pun mendekat dan jongkok di samping wanita yang diketahui bernama Ng Sah Hoi itu. "Apa kabar ibu?," tanya Sihar.

Pertanyaan Sihar tersebut dijawab Ng Sah Hoi yang kerap dipanggil Ama (nenek) itu dengan bahasa Mandarin. Rupanya, wanita berusia 86 tahun itu tak bisa berbahasa Indonesia. Ucapan Ng Sah Hoi pun diartikan keluarga kepada Sihar. Keluarga menyebutkan bahwa kesehatan Ama belakangan menurun. Ditambah lagi faktor usia, keseharian Ama hanya berkutat di tempat duduk saja. "Ama mengalami stroke ringan, jadinya jalan pun harus pakai tongkat," ujar seorang keluarga.

Spontan Sihar pun minta dokter keluarga yang kerap mendampingi kampanye dan blusukan, Hendri Subosito untuk memeriksa Ama. Dokter keluarga besar yang mendampinginya  pun bergegas mendekati dan memeriksa Ama. Dengan stetoskop yang kerap dibawa, Hendri memulainya dengan memeriksa tekanan darah Ama.

Hasilnya, tekanan darah Ama normal. Begitu juga dengan denyut jantung. Faktor usia yang sudah lanjut menyebabkan Ama tak bisa bisa beraktivitas seperti orang muda.

Aksi kepedulian Sihar tersebut pun mendapat apresiasi dari warga. "Terimakasih Pak, peduli dengan kesehatan Ama. Mudah-mudahan Bapak menjadi pemimpin  Sumut dan menjadi harapan kami," ungkap warga.

Pemandangan seperti ini sebelumnya pernah terjadi, saat Sihar mengunjungi warga di Desa Pematang Panjang Kecamatan Airputih. Dirinya melihat pria paruh baya yang tampak lemas, duduk dengan posisi memeluk kakinya ke dada. Sihar pun meminta dokter Sumarsono yang mendampinginya saat itu untuk memeriksa pria itu. Tak hanya Sihar, sang istri, Patricia Siahaan pun juga melakukan hal yang sama.

Itu terjadi saat Patricia turut mendampingi Sihar warung kopi Jalan Mesjid/Jalan Ahmad Yani II, akhir pekan lalu. Kala itu, dirinya didatangi seorang wanita paruh baya yang meminta pertolongan. “Ibu, tolong saya ibu. Saya sakit,” keluh wanita itu kepada Patricia.

Seketika Patricia pun panik. Wanita berparas cantik itu langsung memanggil dokter Sumarsono yang turut mendampingi keduanya. “Dokter tolong ibu ini. Tolong periksa ya dokter, apa sakitnya. Ibu sakit apa? Bilang sama dokter ya ibu, biar diobati, ibu sehat lagi,” tutur Patricia. (red/rls)

Iklan

Loading...
 border=