Terbaru

Pemkot Gunungsitoli Gelar Musrenbang Tahun 2018

Wali Kota Gunungsitoli Lakhomizaro Zebua
|Foto: istimewa
Gunungsitoli,- Pemerintah Kota Gunungsitoli melaksanakan Musyawarah Rencana Pembangunan Tahun 2018 di Aula Pertemuan Lantai II Kantor Wali Kota Gunungsitoli, jalan Pancasila, Desa Mudik, Kota Gunungsitoli, Rabu (04/04/2018).

Dalam arahannya, Wali Kota Gunungsitoli Lakhomizaro Zebua mengatakan bahwa salah satu tahapan dan agenda perencanaan pembangunan di daerah sebagaimana diamanatkan undang-undang nomor 25 tahun 2014 tentang sistem perencanaan pembangunan Nasional adalah penyusunan rencana kerja pembangunan daerah (RKPD) melalui pelaksanaan Musrenbang tingkat Kota Gunungsitoli.

"Musrenbang Kota Gunungsitoli merupakan upaya lebih lanjut penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan terhadap rancangan RKPD Kota Gunungsitoli tahun 2019 berdasarkan Rancangan RKPD yang telah diselaraskan dengan hasil Musrenbang kecamatan, rumusan hasil forum perangkat daerah, kebijakan pemerintah tingkat atas serta pokok-pokok pikiran DPRD yang keseluruhannya digunakan sebagai bahan pemutakhiran RKPD Kota Gunungsitoli tahun 2019," ujar Lakhomizaro.

Menurut dia, Musrenbang Kota Gunungsitoli tahun 2018 itu merupakan Forum Strategis antar pelaku pembangunan yang diharap akan menjaga konsistensi usulan prioritas pembangunan sebagaimana telah disepakati bersama dalam berbagai forum penjaringan aspirasi masyarakat.

"Secara umum harus diakui bahwa kendala yang kita temui dalam penetapan prioritas program pembangunan adalah tingkat kesenjangan antara anggaran yang tersedia dengan kebutuhan pembangunan yang sangat  dinamis," ucapnya. 

Untuk menyikapi kondisi itu, Lakhomizaro menilai bahwa perlu penajaman skala prioritas dan perencanaan yang terukur mengingat tuntutan terhadap keadilan dan pemerataan pembangunan merupakan aspek yang wajib diimplementasikan secara Arif, profesional dan mengutamakan kepentingan umum. 

Untuk itu, ia berharap kepada para Pemangku kepentingan pembangunan dan semua elemen masyarakat kota Gunungsitoli agar mengawal Setiap tahapan perencanaan itu dengan memberikan sumbang saran maupun koreksi atas rumusan yang telah ada sehingga pada akhirnya sangat bermanfaat bagi masyarakat dan membawa kemajuan daerah kota Gunungsitoli.

Hadir pada Musyarawah tersebut mewakili gubernur Sumatera Utara, narasumber dari Provinsi Sumatera Utara, Pimpinan dan Anggota DPRD Kota Gunungsitoli, Forkompinda Kota Gunungsitoli, Kepala Perangkat Daerah, Camat dan lurah Se Kot Gunungsitoli serta Tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh adat di Kota Gunungsitoli. (Ferry Harefa)

Iklan

Loading...

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara