Terbaru

Penderita TBC Yang Sembuh Diberi Piagam Penghargaan

Bupati Nias Selatan saat memberikan piagam penghargaan
| Foto : Diskominfo Nisel
Nias Selatan - Dua orang penderita Tuberculosis (TBC) yang telah sembuh mendapatkan piagam penghargaan dari Bupati Nias Selatan, Hilarius Duha. Kedua orang  tersebut mendapatkan penghargaan setelah memberikan testimoni bahwa penyakit tuberculosis bukan penyakit yang menakutkan.

Pengakuan bekas penderita TBC tersebut dirinya telah divonis tidak bisa sembuh lagi. Tetapi setelah berobat selama enam bulan dengan mematuhi segala petunjuk dan arahan dokter, hasilnya saat ini setelah dicek ke dokter dan dinyatakan tidak mempunyai tuberculosis lagi. Testimoni tersebut disampaikan pada Peringatan Hari Tuberculosis se-Dunia Tahun 2018, di lapangan Orurusa Telukdalam, Sabtu (14/04/2018).

Bupati Nias Selatan, Hilarius Duha, pad kesempatan itu mengimbau semua tenaga medis yang terlibat pada penanganan penyakit tuberculosis agar lebih sungguh-sungguh melakukan pelayanan dan aktif mengontrol para pasien yang sedang menjalani pengobatan sehingga penanganan kasus toberculosis  dapat dimaksimalkan.

“Pembangunan itu memang penting, namun yang paling penting adalah pembangunan sumber daya manusia dan peningkatan kesehatan masyarakat, sebab dimana ada tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat,” ujarnya.

Sebelumnya, Kepala UPTD Puskesmas Hilisimaetano, Yanni Susanti Sarumaha selaku panitia menyampaikan bahwa berbagai kegiatan telah dilaksanakan dalam rangka peringatan hari tuberculosis se-dunia.

“Di antara kegiatan tersebut, pada tanggal 13 April 2018, di Aula Kantor Bupati Nias Selatan, Dinas Kesehatan bersama WVI telah melaksanakan pemaparan hasil temuan kasus tuberculosis sesuai dengan data sejak bulan Juni 2017 hingga Maret 2018. Selain penemuan kasus, WVI dan Dinas Kesehatan melakukan upaya pengobatan bagi pasien yang mengalami penyakit tuberculosis berdasarkan hasil diagnose pada medis,” ujar Yanni.

Turut hadir pada acata tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Megawati Youn mewakili Forkopimda, para Kepala UPTD Puskesmas, Manager WVI, Ketua IDI Cabang Nias Selatan dan para Kader kesehatan tingkat desa. (Red/rls)

Iklan

Loading...

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara