Terbaru

Bantuan RTLH Bertumpuk di Satu Desa, Komisi C DPRD Nisut Panggil Kadis Perkim

Ketua komisi C DPRD Nisut |Foto: Haogô
Nias Utara,- Dalam waktu dekat Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Nias Utara, Noferman Zega akan Panggil Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Perkim) Kabupaten Nias Utara untuk memintai penjelasan dan pertanggungjawaban atas penetapan calon penerima Bantuan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) ditiga Kecamatan di Nias utara utamanya di Kecamatan SitoluOri sebanyak 45 unit yang diduga bertumpuk di satu desa saja.

Parahnya, dari penelusuran wartanias.com desa yang dimaksud adalah tempat tinggal salah satu oknum Pejabat di Nias Utara.

"Barusan selesai rapat di DPRD, dan beberapa Camat telah menyampaikan masalah penetapan calon penerima bantuan RTLH itu yang menuai kecemburuan sosial ditengah-tengah masyarakat, begitu juga di Kecamatan SitoluOri cukup banyak kuota bantuan RTLH itu disana sebanyak 45 Unit tapi kenapa hanya dua desa yang lulus verifikasi?, Seperti apa seleksi yang pernah di selenggarakan oleh Saudara Kadis Perkim?, apa saja kriteria penerima bantuan RTLH itu sehingga desa yang lain tidak lulus Verifikasi? Ataukah benar ini karena diduga sarat Politik oleh oknum Pejabat di Nias Utara. Saya akan panggil saudara Kepala Dinas Perkim dalam waktu dekat ini untuk memberikan penjelasan dan pertanggungjawaban tentang hal ini," tegas Noferman Zega saat berbincang-bincang dengan wartanias.com di Lotu. Senin (7/5/2018).

Noferman Zega mengatakan bahwa dirinya tidak akan memihak kepada oknum Pegawai Dinas Perkim juga oknum Pejabat yang mencoba-coba memanfatkan situasi atas penetapan calon penerima bantuan RTLH tersebut. Karena menurutnya di enam Desa SeKecamatan SitoluOri itu sama-sama terdapat masyarakat yang berpenghasilan rendah dan memiliki rumah tidak layak dihuni.

Untuk menghindari timbulnya rasa kecemburuan sosial, dugaan pilih kasih atau dianaktirikan, Noferman Zega dari Fraksi PAN itu menyarankan kepada Kadis Perkim untuk tidak membeda-bedakan masyarakat kurang mampu yang ada di SitoluOri dan kuota yang cukup banyak itu yang dialokasikan di Kecamatan SitoluOri tidak ada salahnya jika di sama ratakan di masing-masing desa diSitoluOri.

Untuk diketahui, Kuota Bantuan RTLH di Kecamatan SitoluOri sebanyak 45 unit hanya bertumpuk di dua desa saja, yakni Desa Hilimbosi sebanyak 25 Unit dan Desa Hilisalo'o sebanyak 20 Unit. (Haogô zega)

Iklan

Loading...

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara